Jalan Silkar-Samboja Lancar, Arus Mudik H-4 Lebaran di Pelabuhan Klotok PPU Turun

Arus mudik lebaran Idul Fitri tahun ini diperkirakan mengalami penurunan dibandingkan tahun lalu

ARUS MUDIK – Kondisi arus mudik melalui Pelabuhan Klotok Penajam, Penajam Paser Utara terlihat ramai namun alami penurunan dibandingkan tahun lalu. TITIKNOL.ID/ROBERTUS BELARMINO

TITIKNOL.ID,PENAJAM – Arus mudik lebaran Idul Fitri tahun ini diperkirakan mengalami penurunan dibandingkan tahun lalu.

Hal ini terjadi karena jalur mudik melalui darat semakin mudah, sehingga banyak pemudik tidak lagi menggunakan jalur laut untuk pulang kampung.

Hal ini disampaikan, Rizal Hakim, seorang perhubungan Dinas Perhubungan Penajam Paser Utara (PPU), Sabtu (6/4/2024).

“Untuk arus mudik 2024 mengalami penurunan yang biasanya tahun lalu H-7 sudah mengalami kepadatan. Tapi pada tahun ini terpantau ramai lancar padahal ini sudah H-4 lebaran.

Mungkin karena juga jalur darat dari Silkar-Sepaku-Kilometer 38 sudah bisa dilalui pemudik dengan baik sehingga jalur mudik terbagi,” ucap Rizal Hakim.

ARUS MUDIK – Kondisi arus mudik melalui Pelabuhan Klotok Penajam, Penajam Paser Utara terlihat ramai namun alami penurunan dibandingkan tahun lalu. TITIKNOL.ID/ROBERTUS BELARMINO

Ia menjelaskan, pihak pengelola pelabuhan klotok juga telah melakukan upaya maksimal dalam mengatur arus mudik  lebaran 2024.

Salah satunya  dengan menyediakan puluhan armada kapal klotok sehingga mempercepat dan mempermudah proses naik dan turun penumpang agar meminimalisir hambatan di pelabuhan.

“Kita menyediakan 44 armada kapal yang terbagi menjadi 2 jenis penumpang, 22 armada kapal untuk penumpang pejalan kaki dan 22 armada kapal untuk penumpang menggunakan kendaraan bermotor dengan menggunakan sistem bergantian (rolling)  tiap harinya, agar tidak ada menimbulkan kecemburuan antar nahkoda armada kapal,” ujar Rizal Hakim.

Sementara itu, seorang pemudik Iis asal Balikpapan tujuan Long Ikis, Kabupaten Paser mengeluhkan untuk bongkar muatan kendaraan bermotor yang memakan waktu yang sangat lama.

Baca Juga:   PPU Masuk 3 Besar Predikat Kepatuhan Penyelenggaraan Pelayanan Publik

“Saya sudah hampir setengah jam menunggu bongkar cuman belum juga. Harapan saya untuk kedepannya untuk ditambah orang yang menurunkan motor biar lebih cepat,” pintanya (RB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *