Samarinda Membidik Masa Depan Gemilang: Musrenbang RPJPD 2025, Andi Harun Paparkan Visi Maju Kota Tepian

TITIKNOL.ID – Musyawarah Rencana Pembangunan Daerah (Musrenbang) Rancangan Awal Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kota Samarinda Tahun 2025-2045 telah resmi dibuka pada hari Kamis (18/4/2024).

Bertempat di Hotel Mercure Samarinda, acara ini dihadiri oleh berbagai pemangku kepentingan, termasuk Walikota Samarinda Andi Harun, para anggota DPRD, SKPD, tokoh masyarakat, dan perwakilan dari berbagai elemen masyarakat.

Dalam sambutannya, Andi Harun menegaskan pentingnya RPJPD sebagai penjabaran dari visi, misi, arah kebijakan, dan sasaran pembangunan jangka panjang daerah untuk 20 tahun ke depan.

Membangun Samarinda yang Maju dan Berkelanjutan

“RPJPD Kota Samarinda akan menjadi panduan bagi pembangunan Kota Samarinda menuju tahun 2045, dengan berpedoman pada Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) dan rencana tata ruang wilayah,” ujar Andi Harun.

Lebih lanjut, Andi Harun memaparkan beberapa poin penting dalam RPJPD Kota Samarinda 2025-2045, seperti pengembangan ekonomi kreatif dan digital.

Ia juga memaparkan keberhasilan dan strategi peningkatan kualitas infrastruktur dan konektivitas; pengembangan sumber daya manusia (SDM) yang unggul.

“Kita ingin mewujudkan Samarinda sebagai kota yang ramah lingkungan dan berkelanjutan, memperkuat nilai-nilai budaya lokal dan kearifan lokal.

Andi Harun juga mengajak seluruh elemen masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam penyusunan RPJPD ini.

“RPJPD ini bukan hanya milik pemerintah, tetapi milik kita semua. Oleh karena itu, saya mengajak seluruh masyarakat untuk memberikan masukan dan sarannya dalam penyusunan RPJPD ini,” imbuhnya.

Menuju Masa Depan yang Cerah

Musrenbang RPJPD 2025 ini diharapkan dapat menghasilkan dokumen RPJPD yang komprehensif, visioner, dan realistis. Dengan RPJPD yang matang, diharapkan Samarinda dapat terus berkembang menjadi kota yang maju, sejahtera, dan berkelanjutan di masa depan. (*/adv/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *