Penajam

Sejumlah Rumah Warga di RT 04 Nipah-Nipah Terancam Ambruk karena Longsor

×

Sejumlah Rumah Warga di RT 04 Nipah-Nipah Terancam Ambruk karena Longsor

Sebarkan artikel ini

Sejumlah rumah warga di RT 04, Kelurahan Nipah-Nipah, Kecamatan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara terancam ambruk akibat longsor

LONGSOR- Sejumlah rumah warga di RT 04, Kelurahan Nipah-Nipah, Kecamatan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara terancam ambruk akibat longsor . TITIKNOL.ID/ROBERTUS BELARMINO

TITIKNOL.ID,PENAJAM – Sejumlah rumah warga di RT 04, Kelurahan Nipah-Nipah, Kecamatan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara terancam ambruk akibat longsor.

Hal ini menimbulkan kekhawatiran bagi warga yang berpotensi  terkena dampak longsor, karena terkikisnya tebing setinggi 10 meter lebih ini.

Ketua RT 04 Nipah-Nipah, Sultaning mengatakan bahwa kejadian ancaman longsor bukan kali pertama terjadi, melainkan sudah dari tahun 2022 hingga sekarang belum mendapatkan solusi dan tindakan atas kejadian ini.

Ia mengatakan bahwa laporan sudah disampaikan kepada dinas terkait.

Bahkan mereka sudah meninjau ke titik lokasi ancaman longsor namun hingga sekarang belum adanya tindakan untuk menanggulangi ancaman tersebut.

“Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) , Dinas Pekerjaan Umum (PU), sampai Lurah sudah melakukan pengontrolan tapi sampai sekarang belum ada yang dikerjakan” ujar Sultaning.

Ia berharap agar segera dilakukan tindakan atas kejadian ini, agar jangan sampai ada warga yang menjadi korban dulu baru mendapat tindakan.

“Tolong dari pemerintah segera mungkin memperhatikan masyarakat, apakah tunggu rumah itu ibaratnya terbalik, sedangkan tanah sudah turun memenuhi semua parit” ucapnya.

Sementara itu, menurut informasi pihak Kelurahan Nipah-Nipah telah memutuskan untuk menangani sementara lokasi yang terancam longsor dengan memberikan penahan longsoran.

Penahan tersebut berupa karung yang diisi tanah. “Penanganan sementara dengan menahan pakai karung berisi tanah,” kata seorang warga. (RB)