Nasional

TERJAWAB! Ini Alasan Pertamina Tak Naikkan Harga BBM

×

TERJAWAB! Ini Alasan Pertamina Tak Naikkan Harga BBM

Sebarkan artikel ini
Ilustrasi: pemerintah kembali berencana melakukan penghapusan BBM jenis pertalite yang ramai jadi perbincangan. (HO/Istimewa)

TITIKNOL.ID – Harga bahan bakar minyak (BBM) Pertamina tidak naik per 1 Mei 2024, berbeda dengan penyedia BBM lainnya seperti Shell, Vivo dan BP yang menaikkan harga.

Menurut Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga Irto Ginting, alasan Pertamina menahan harga jual BBM karena mendukung upaya pemerintah untuk menjaga stabilitas ekonomi.

“Penyesuaian harga BBM nonsubsidi memang mengacu pada regulasi. Namun pada kondisi saat ini kami mendukung upaya Pemerintah untuk menjaga stabilitas perekonomian,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Rabu (1/5/2024).

Ia menjelaskan, penyesuaian harga BBM memang dilakukan secara berkala, setidaknya setiap awal bulan.

Penyesuaian dilakukan dengan mempertimbangkan pergerakan harga minyak mentah dunia, harga publikasi Mean of Platts Singapore (MOPS), serta nilai tukar rupiah terhadap dollar AS.

Hal tersebut mengacu pada Keputusan Menteri (Kepmen) ESDM No. 245.K/MG.01/MEM.M/2022 tentang formulasi harga JBU atau BBM non subsidi.

Namun, meski tren harga minyak dunia menguat dan nilai tukar rupiah, Pertamina tetap mempertahankan harga BBM-nya guna mendukung kebijakan pemerintah.

“Meski harga minyak dunia merangkak naik dan nilai tukar rupiah terhadap dollar AS melemah, Pertamina melalui anak usahanya, PT Pertamina Patra Niaga, tidak menaikkan harga BBM non subsidi,” ucap Irto.

Sebelumnya, Menteri ESDM Arifin Tasrif telah memberikan arahan agar harga BBM Pertamina tidak akan mengalami kenaikan harga hingga Juni 2024 mendatang.

Menurutnya, keputusan menahan harga diperlukan agar tak mengganggu aktivitas masyarakat, terutama dalam menjaga kestabilan kegiatan ekonomi.

“Kita masih menahan agar BBM tidak naik, terutama pada semester awal 2024 ini, supaya aktivitas masyarakat tidak terganggu,” ucapnya dalam acara seremonial tajak sumur di lapangan Banyu Urip, Blok Cepu, Bojonegoro, Jumat (1/3/2024).

Berikut rincian harga BBM non-subsidi Pertamina per 1 Mei 2024, khusus untuk Pulau Jawa:

Baca Juga:   Polri Pamerkan Lukisan Kaum Difabel di Bandara Soetta

– Pertamax (RON 92): Rp 12.950 per liter

– Pertamax Turbo (RON 98) : Rp 14.400 per liter

– Dexlite (CN 51): Rp 14.550 per liter

– Pertamina Dex (CN 53): Rp 15.100 per liter

– Pertamax Green 95 (RON 95): Rp 13.900 per liter. (*)