News google
Nasional

Jangan Salah Pilih, Berikut 5 Cara Memilih Hewan Kurban Idul Adha Sesuai Sunah

×

Jangan Salah Pilih, Berikut 5 Cara Memilih Hewan Kurban Idul Adha Sesuai Sunah

Sebarkan artikel ini

Mendekati Hari Raya Idul Adha, umat Muslim mulai berbondong-bondong mencari hewan kurban.

hewan sapi yang akan dijadikan hewan kurban. (HO/Istimewa)

TITIKNOL.ID – Mendekati Hari Raya Idul Adha, umat Muslim mulai berbondong-bondong mencari hewan kurban.

Umat Muslim di seluruh dunia akan menyambut Hari Raya Idul Adha.

Hari ini menjadi momentum paling tepat untuk bersedekah melalui kurban.

Dilansir dari NU Online, Idul Adha merupakan momen untuk merenungkan pengorbanan yang dilakukan Nabi Ibrahim.

Ia diperintahkan oleh Allah SWT untuk mengorbankan anaknya.

Idul Adha juga merupakan momentum yang tepat untuk memupuk rasa empati dengan cara berbagi kepada sesama serta bertujuan menghindari sifat tamak, serakah, dan egois.

Untuk memastikan hewan kurban yang dipilih sehat dan sesuai dengan syariat, penting untuk melakukan persiapan yang matang.

Cara memilih hewan kurban Idul Adha sesuai sunah

Mengutip laman resmi Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS), berikut adalah cara memilih hewan kurban Idul Adha sesuai sunah.

  1. Pastikan hewan ternak
    Hewan yang diperbolehkan untuk kurban adalah unta, kambing, domba, sapi, dan kerbau. Semua hewan ini harus memenuhi ketentuan sebagai hewan ternak yang sehat dan layak dikurbankan.
  2. Umur hewan kurban
    Umur hewan kurban memiliki syarat yang berbeda-beda. Untuk kambing atau domba minimal harus berumur satu tahun. Sedangkan untuk sapi atau kerbau minimal berumur dua tahun.

Usia hewan dapat dicek melalui catatan kelahiran atau dengan memeriksa gigi hewan. Jika gigi susu sudah tanggal, maka hewan tersebut telah memenuhi syarat umur.

  1. Hewan kurban tidak cacat

    Penting untuk memperhatikan kondisi hewan kurban. Hewan kurban harus dalam kondisi sehat dan tidak cacat. Tanda-tanda hewan sehat antara lain tidak demam, nafsu makan baik, bulu bersih dan mengkilap, mata jernih dan tidak cekung, cuping hidung basah (bukan karena flu), serta pernapasan dan detak jantung normal.
Baca Juga:   INFO TERBARU CPNS Hanya Dapat THR 80 Persen dari Gaji Pokok

Mintalah Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH) sebelum membeli untuk memastikan hewan tersebut sehat. Hewan dengan cacat seperti buta sebelah tidak sah untuk dijadikan kurban.

  1. Hewan kurban tidak kurus
    Kondisi fisik hewan kurban juga perlu diperhatikan. Pastikan hewan tersebut memiliki nafsu makan yang baik, lincah, mata bersinar, dan bulu tidak kusam. Hewan yang sehat biasanya terlihat gemuk dan tidak kurus.
  1. Periksa lokasi pembelian hewan kurban
    Pilih tempat yang terpercaya untuk membeli hewan kurban. Hindari membeli hewan dari lokasi yang dekat dengan pembuangan sampah karena bisa berpotensi mengandung bahan berbahaya.

Pilih hewan yang diternak di lingkungan yang bersih dan jauh dari polusi udara untuk memastikan kesehatan kurban tersebut.

Jadi, itu-lah cara memilih hewan kurban Idul Adha sesuai sunah. Cara ini bisa membantu umat Islam memastikan ibadah kurban dilaksanakan dengan sebaik-baiknya (*)