News google
Penajam

Jumlah TPS di Pilkada Berkurang Hanya 293, Ini Alasan KPU PPU

×

Jumlah TPS di Pilkada Berkurang Hanya 293, Ini Alasan KPU PPU

Sebarkan artikel ini

KPU Penajam Paser Utara saat melakukan silaturahmi dengan wartawan. TITIKNOL.ID

“Makanya kami kurangi jumlah TPSnya karena jumlah pemilih tiap tempat pemungutan itu sampai 600 orang atau 2 kali lipat dibandingkan Pemilu lalu,”

TITIKNOL.ID,PENAJAM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Penajam Paser Utara (PPU) akan menyiapkan 293 tempat pemungutan suara (TPS) dalam Pilkada serentak November mendatang.

Jumlah ini berkurang dibandingkan pada Pemilu lalu yang mencapai 542 TPS.

Ketua KPU PPU, Ali Amin Ishak menjelaskan, pengurangan TPS ini karena hanya 2 pemilihan yakni Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati.

Bukan hanya itu, bila dalam Pemilu lalu setiap TPS hanya 300 pemilih namun dalam Pilkada nanti setiap TPS bisa mencapai 600 pemilih.

“Makanya kami kurangi jumlah TPSnya karena jumlah pemilih tiap tempat pemungutan itu sampai 600 orang atau 2 kali lipat dibandingkan Pemilu lalu,” jelasnya.

Ali  mengatakan, dengan berkurangnya jumlah TPS ini maka personel KPPS yang bertugas juga akan berkurang  dibandingkan dengan Pemilu lalu.

Namun demikian, pihaknya tetap berharap agar antusias masyarakat untuk menjadi anggota KPPS masih tinggi, agar nantinya tidak mengalami kendala.

Mengenai TPS untuk pekerja di Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kecamatan Sepaku, pihaknya masih melakukan koordinasi dengan pihak terkait.

Harapannya nanti, mereka pekerja yang merupakan warga PPU maupun Kaltim bisa menyalurkan hak politiknya dalam Pilkada mendatang.  (*)