Penajam

Disperkimtan PPU Desak Pengembang segera Hibahkan Lahan PSU Perumahan

×

Disperkimtan PPU Desak Pengembang segera Hibahkan Lahan PSU Perumahan

Sebarkan artikel ini

PSU –  Salah satu perumahan yang berada di Kelurahan Nipah-Nipah. Disperkimtan PPU meminta pengembang untuk menghibahkan lahan Prasarana, Sarana dan Utilitas. TITIKNOL.ID

“Lahan untuk PSU perumahan kita genjot proses hibahnya karena lahan ini cukup vital. Kalau tidak segera diamankan oleh pemerintah daerah, ketika pembangunan perumahan selesai lantas pengembang tidak mengelola lagi, maka akan kesulitan proses hibahnya,”

TITIKNOL.ID,PENAJAM – Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Disperkimtan) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) mendesak para pengembang untuk segera menghibahkan aset lahan prasarana, sarana, dan utilitas (PSU) komplek perumahan ke pemerintah daerah.

Kepala Bidang Perumahan, Permukiman, dan Pemakanan Disperkimtan PPU, Khairil Achmad mengatakan, pengamanan aset lahan dilakukan menindaklanjuti atensi dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). 

“Lahan untuk PSU perumahan kita genjot proses hibahnya karena lahan ini cukup vital. Kalau tidak segera diamankan oleh pemerintah daerah, ketika pembangunan perumahan selesai lantas pengembang tidak mengelola lagi, maka akan kesulitan proses hibahnya,” kata Khairil.

Khairil mengungkapkan, ada beberapa perumahan bersubsidi yang dibangun oleh pengembang properti di PPU belum menghibahkan aset lahan PSU seperti lahan jalan, drainase, dan lainnya.

Rata-rata perumahan lama di PPU belum menghibahkan aset lahan PSU ke pemerintah daerah.

Sehingga, pemerintah daerah tidak bisa memberikan bantuan anggaran untuk pembangunan jalan, penerangan jalan umum (PJU), pembangunan drainase, dan fasilitas umum lainnya. 

“Beberapa perumahan lama masih kami cari siapa pengembangnya. Salah satunya perumahan lama, yakni Kartini Residence di Desa Girimukti dan Pondo Kessi Residence di Desa Sidorejo. Memang serah terima lahan badan jalan perumahan lama ketinggalan. Jadi, harus ditelusuri pengembangnya dan kelengkapan administrasi mereka untuk proses hibah,” terangnya. 

Baca Juga:   Dinas Perkimtan PPU Beli Motor Tiga Roda untuk Penunjang Pengelolaan Taman 

Khairil menekankan, Disperkimtan PPU berupaya menyelesaikan proses hibah lahan untuk PSU di perumahan agar pemerintah daerah bisa mengalokasikan bantuan anggaran PSU. 

Pemerintah daerah memprogramkan bantuan pembangunan PSU bagi perumahan untuk mencegah terjadinya kawasan kumuh. 

“Kami berharap pengembang segera menghibahkan aset tanah untuk PSU ke pemerintah daerah, karena nantinya juga pengembang yang diuntungkan.

“Kalau tanahnya sudah dihibahkan, maka pemerintah daerah bisa membangunkan fasilitas umum seperti jalan, PJU, drainase, dan fasilitas umum lainnya.

“Ini juga bisa mencegah terjadinya perumahan kumuh,” pungkasnya. (Advertorial)