News google
Nasional

Hasil Survei KIC: Selain di Jakarta, Ridwan Kamil Diangap Cocok Maju di Pilgub Jawa Barat

×

Hasil Survei KIC: Selain di Jakarta, Ridwan Kamil Diangap Cocok Maju di Pilgub Jawa Barat

Sebarkan artikel ini

Wakil Ketua DPP Partai Golkar Ridwan Kamil dinilai pantas menjadi Gubernur Jakarta maupun Jawa Barat

Nama Ridwan Kamil dinilai jadi sosok yang pantas maji du Pilgub Jakarta dan jawa Batar. (HO/Istimewa)

TITIKNOL.ID – Wakil Ketua DPP Partai Golkar Ridwan Kamil dinilai pantas menjadi Gubernur Jakarta maupun Jawa Barat kembali di ajang Pilkada November 2024 mendatang.

Soalnya persepsi publik terhadap Ridwan Kamil yang pernah memimpin Jawa Barat periode sebelumnya cukup tinggi.

Survei Manajer Katadata Insight Center (KIC), Satria Triputra Wisnumurti mempublikasi hasil survei persepsi publik terhadap pilkada di delapan provinsi, seperti Banten, Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sulawesi Selatan, Sumatera Barat, sampai Sumatera Utara.

Dengan jumlah sampel tertinggi dari delapan provinsi tersebut, kepala daerah di Jawa Barat dinilai bekerja baik.

“Angka kepuasan masyarakat atas kinerja gubernur Jawa Barat pun sangat tinggi, mencapai 88,3 persen,” kata Satria yang dikutip pada Senin (10/6/2024).

Satria menyampaikan, penelitian yang dilakukan dari 3 sampai medio Mei 2024 itu dilakukan untuk mengukur penilaian publik terhadap kinerja para gubernur dan mantan gubernur di delapan provinsi tersebut.

Termasuk di antaranya Ridwan Kamil yang sebelumnya bertugas sebagai gubernur di Jawa Barat.

“Publik Jawa Barat menilai bahwa nama yang paling pantas menjadi gubernur Jawa Barat adalah Ridwan Kamil,” ungkapnya.

Menurut Satria, temuan itu sinkron dengan kepuasan publik atas kinerja Ridwan Kamil selama memimpin Jawa Barat.

Angka 88,3 persen kepuasaan publik tidak hanya berada di atas kepuasaan publik terhadap kinerja gubernur di tujuh provinsi lainnya, melainkan turut menggambarkan betapa masyarakat Jawa Barat masih ingin pria yang akrab dipanggil Kang Emil itu kembali memimpin Jawa Barat.

“Para mantan atau petahana yang dinilai paling pantas menjadi gubernur lagi memiliki nilai kepuasan di atas 80 persen,” jelasnya.

Dalam penelitian yang sama, KIC berhasil memotret kinerja Gubernur Jakarta jauh di bawah kepuasaan publik terhadap Gubernur Jawa Barat. Persentase kepuasaan publiknya hanya 56,7 persen.

Baca Juga:   3 Tim Kandidat Kuat Masuk Championship Series Lawan Borneo FC, Ini Jadwal Laga Terbaru Pesut Etam

Dengan angka kepuasaan publik tersebut, KIC mendapati bahwa masyarakat Jakarta merasa Basuki Tjahaja Purnama (BTP) atau Ahok yang paling pantas menjadi Gubernur Jakarta.

Selain itu, ada nama Anies Baswedan dan Ridwan Kamil yang juga dinilai oleh masyarakat layak menjadi Gubernur Jakarta.

Jika dukungan terhadap Ahok mencapai angka 33,3 persen, Anies dan Ridwan Kamil menempel Ahok dengan persentase 25,4 persen untuk Anies dan 20 persen untuk Ridwan Kamil.

Temuan itu sekaligus menunjukkan bahwa Ridwan Kamil tidak hanya diinginkan oleh masyarakat Jawa Barat untuk menjadi Gubernur, namanya juga disebut oleh masyarakat untuk menjadi Gubernur di Jakarta.

Meski belum ada keputusan dari masing-masing nama tersebut, namun beberapa partai politik sudah menyatakan dukungan kepada nama tertentu.

Salah satunya Ridwan Kamil yang bakal diusung oleh Partai Gerindra dan Partai Amanat Nasional (PAN) untuk bertarung di Jakarta. (*)