News google
Penajam

Cerita Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik ke Lokasi Tambak di Babulu PPU Berjalan Kaki, Ada 4 Komoditi

×

Cerita Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik ke Lokasi Tambak di Babulu PPU Berjalan Kaki, Ada 4 Komoditi

Sebarkan artikel ini
TAMBAK DI BABULU - Pj Gubernur Kaltim, Akmal Malik beraktivitas mengunjungi pertambakan yang dibuat oleh masyarakat setempat di Desa Labangka, Kecamatan Babulu, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Selasa (11/6/2024).  (Instagram @pemprov_kaltim)

“Saya suka, makanya saya datangi. Inisiatif anak muda yang kreatif seperti ini harus kita apresiasi dan kita dukung.”

TITIKNOL.ID, PENAJAM – Pj Gubernur Kaltim, Akmal Malik melakukan kunjungan pertambakan usaha dari masyarakat di Babulu, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur. 

Hal itu dilakukan oleh Pj Guernur Kaltim, Akmal Malik usai meresmikan bangunan penyedia air bersih di Desa Sumber Sari.

Dia pun penasaran ingin melihat seperti apa pertambakan yang dibuat oleh masyarakat setempat di Desa Labangka, Kecamatan Babulu, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. 

Pj Gubernur Kaltimm Akmal Malik mengaku sangat tertarik untuk datang ke lokasi yang hanya bisa dicapai dengan berjalan kaki sejauh 1,5 km dalam kondisi jalan becek karena diguyur hujan.

“Saya suka, makanya saya datangi. Inisiatif anak muda yang kreatif seperti ini harus kita apresiasi dan kita dukung,” kata Akmal Malik di salah satu gubuk warga di tengah areal tambak Desa Labangka, Selasa (11/6/2024) dalam press rilis yang dikutip oleh Titiknol.id. 

Kehadiran Pj Gubernur Kaltim, Akmal Malik ke areal tambak tersebut untuk memenuhi undangan Hanif, anak muda setempat yang kini sedang menggalakkan penanaman empat komoditi di areal pertambakan mereka.

Empat komoditi yang ditanam itu adalah:

  • Ikan bandeng;
  • Udang tiger;
  • Kepiting;
  • dan rumput laut. 

Areal potensial untuk pengembangan perikanan di kawasan itu seluas 200 hektare.

Untuk upaya-upaya kreatif masyarakat, terkhusus anak muda tersebut, Pemerintah kata Akmal Malik harus hadir membantu.

Salah satunya dengan menyiapkan infrastruktur jalan, pengairan dan sebagainya.

Dukungan langsung yang akan diberikan Pemprov Kaltim untuk mendukung inisiatif pengembangan empat komoditi dalam satu tambak itu adalah dengan memberikan bantuan keuangan kepada Pemkab Penajam Paser Utara untuk pembangunan jalan agregat di kawasan pertambakan itu sepanjang 2 km.

Baca Juga:   Perkenalkan Basir Depan Kader PDIP, Hamdam: Semoga Berjodoh di Pilkada PPU

“Pak Nanda (Kepala Dinas PUPR Kaltim) tolong dibantu untuk jalan agregat sekitar 2 km. Mungkin lewat bankeu (bantuan keuangan),” perintah Akmal Malik. Kepala Dinas PUPR Kaltim Aji Muhammad Fitra Firnanda pun menyanggupi permintaan tersebut.

Jalan tani ini sambung Akmal Malik akan sangat membantu para petambak. Sebab mereka akan lebih mudah beraktivitas dan memasarkan hasil panen mereka.

Kepada jajaran Dinas Kelautan dan Perikanan Kaltim, Pj Gubernur Akmal Malik meminta agar mereka bisa membantu para petani petambak di sana. Sebab selama ini, para petambak hanya menjual hasil panen mereka kepada tengkulak.

“Dinas Perikanan tolong bantu carikan pasarnya agar mereka tidak lagi menjual ke tengkulak,” pesan Akmal.

Dukungan untuk pengembangan kawasan tambak ini sangat strategis sebab di masa depan PPU harus bersiap diri menjadi penyuplai kebutuhan ikan untuk Ibu Kota Nusantara atau IKN Nusantara, bahkan luar negeri. Karena permintaan yang cukup tinggi.

“Saya berharap lebih banyak lagi anak-anak muda yang menjadi petambak kreatif seperti Hanif ini,” seru Akmal.

Hanif sendiri mengaku produktivitas mereka meningkat signifikan setelah mereka mengembangkan empat komoditi secara bersamaan. Sebelumnya, para petambak hanya menanam ikan bandeng dan udang tiger.

“Dulu dua komoditi, sekarang empat. Peningkatannya sekitar 70 persen,” ungkap Hanif.

Saat kunjungan yang berlangsung dalam kondisi gerimis itu, Pj Gubernur Akmal Malik didampingi Kepala Dinas PUPR Kaltim Aji Muhammad Fitra Firnanda, Karo Umum Lisa Hasliana, Pj Bupati PPU Makmur Marbun dan Kepala Desa Labangka Nasaruddin.

Pj Gubernur Akmal Malik dan rombongan juga sempat menikmati ikan bandeng dan udang tiger bakar yang dipanen dari tambak. (*)