HeadlinePenajamTitiknolKaltim

Petani PPU Dapat Bantuan Alsintan, Plt Bupati: Rawat Baik-baik Bantuan Ini

×

Petani PPU Dapat Bantuan Alsintan, Plt Bupati: Rawat Baik-baik Bantuan Ini

Sebarkan artikel ini
Plt Bupati Penajam Paser Utara, Hamdam saat menyerahkan bantuan Alsintan kepada petani

TITIKNOL.ID,PENAJAM– Dua Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) dan 14 Kelompok Tani (Poktan) di Kabupaten Penajam Paser Utara, mendapatkan bantuan alat mesin pertanian (alsintan) melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Bantuan ini merupakan aspirasi Wakil Ketua Komisi IV DPR RI dari Fraksi Gerindra, G. Budisatrio Djiwandono dan bantuan APBD Kaltim.

Penyerahan secara simbolis Bantuan Alat Mesin Pertanian dilakukan di Kantor Balai Pertemuan Pertanian (BPP) Petung, Jumat (8/7/2022).

Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Dinas Pertanian Kabupaten Penajam Paser Utara, Iswan Padda mengatakan, dengan dengan adanya bantuan ini diharapkan kedepan produktifitas hasil pertanian di PPU dapat semakin meningkat.

Plt Bupati Penajam Paser Utara, Hamdam saat menyerahkan bantuan Alsintan kepada petani

Lebih lanjut Iswan mengatakan, bantuan yang diterima Gapoktan dan Poktan saat ini yaitu berupa 1 Unit Combine Harvester (alat mesin panen) dari APBN, 43 unit hand traktor dan 2 unit Cultivator dari APBD Kaltim.

Budi Harsono mewakili Kepala Dinas Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Kaltim, juga menyampaikan, bahwa bantuan alsintan yang diserahkan oleh pemerintah propinsi ini sebagian merupakan usulan dari kelompok tani yang telah diajukan melalui dinas terkait.

Budi berharap agar kelompok tani dapat mempergunakan alsintan ini dengan masa pakai yang lebih lama dan dapat dikelola secara tertib oleh masing-masing anggota.

“Selanjutnya, Saya berharap kepada pemerintah kabupaten, khususnya Dinas Pertanian PPU untuk memberikan dukungan berupa support dalam hal pemeliharaan dan pengawasan terhadap alsintan yang telah diserahkan kepada masing-masing kelompok tani ini,” harap Budi.

Plt Bupati Penajam Paser Utara, Hamdam saat menyerahkan bantuan Alsintan kepada petani

Sementara itu, Plt. Bupati Penajam Paser Utara Hamdam saat menghadiri acara tersebut menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Pemerintah Pusat, Komisi IV DPR RI dan juga Pemerintah Propinsi Kalimantan Timur, yang selama ini telah banyak memberikan bantuan kepada petani yang ada di daerah ini.

Baca Juga:   Berikut Jadwal dan Lokasi Vaksinasi di PPU Besok Minggu (17/7/2022)

“Saya berharap dengan banyaknya bantuan yang telah diberikan oleh pemerintah ini, dapat menjadi motivasi bagi para petani untuk dapat mengolah lahan pertanian dengan cara yang tepat, sehingga hasil produktivitas pertanian yang didapatkan juga semakin meningkat,” harap Hamdam.

Hamdam juga berpesan kepada seluruh anggota kelompok tani agar bantuan alsintan yang diberikan ini dapat dikelola dengan baik.

“Bantuan alsintan yang telah didapatkan ini harus disyukuri. Sehingga, setiap anggota harus membuktikan kepercayaan yang telah diberikan oleh pemerintah, dengan cara benar-benar dalam mengelola, memanfaatkan dan merawat dengan baik bantuan alsintan ini, agar umur alat ini dapat bertahan lebih lama”, tutup Hamdam. (*)