HeadlinePenajam

Kurang Diminati, Dinas Pertanian PPU Ajak Generasi Muda Geluti Bisnis Sapi

×

Kurang Diminati, Dinas Pertanian PPU Ajak Generasi Muda Geluti Bisnis Sapi

Sebarkan artikel ini
Dinas Pertanian PPU Arief Murdiyatno

TITIKNOL.ID,PENAJAM– Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, mendorong agar para generasi muda atau milenial untuk terjun ke bisnis peternakan sapi.

Apalagi peluang usaha ternak sapi cukup besar karena, populasi sapi di PPU belum terlalu banyak, hanya kisaran 16.000 ekor.

Apalagi sebagian besar peternak sapi di Benuo Taka belum menjadikan ternak sapi sebagai pekerjaan utama, sehingga generasi milenial memiliki peluang besar untuk menekuni ternak sapi skala modern.

Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan, Dinas Pertanian PPU Arief Murdiyatno mengatakan, pemerintah daerah terus berapa mendorong generasi milenial agar melirik peluang usaha ternak sapi.

“Ke depan, kita berupaya agar generasi milenial menekuni usaha ternak sapi karena, peluang pasarnya di Kaltim cukup besar,” kata Arief, Selasa (12/7/2022).

Arief mengungkapkan, jumlah peternak sapi di PPU sebanyak 3.000 orang. Namun, ternak sapi belum dijadikan sebagai pekerjaan utama.

Ia mengaku selama ini ternak sapi ini hanya dijadikan pekerjaan sampingan karena mereka rata-rata hanya memiliki dua sampai tiga ekor per orang.

“Ada satu korporasi yang kita bina di Babulu, kami melakukan pendampingan secara intensif. Itu salah satu langkah yang dilakukan untuk mengubah paradigma dari beternak tradisional menjadi verbal modern,” ujarnya.

Arief mengatakan, Kota Balikpapan dan Samarinda merupakan potensi pasar yang besar untuk daging sapi.
Peluang usaha tersebut harus dimanfaatkan generasi milenial dengan terjun di bidang peternakan.

“Kami mendorong pola ternak modern, karena konsep modern ada perhitungan bisnisnya. Baik itu perencanaan modal, biaya operasional dan perencanaan usaha harus tersusun dengan baik,” jelasnya. (*)