Penajam

Air Bersih Warga Sepaku Akan Terpenuhi Dari Bendungan Semoi

×

Air Bersih Warga Sepaku Akan Terpenuhi Dari Bendungan Semoi

Sebarkan artikel ini

Kebutuhan air bersih bagi warga di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), akan terpenuhi setelah bendungan Semoi-Sepaku dan Intake Sepaku selesai dibangun

TITIKNOL.ID,PENAJAM– Kebutuhan air bersih bagi warga di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), akan terpenuhi setelah bendungan Semoi-Sepaku dan Intake Sepaku selesai dibangun.

Karena selama ini masyarakat di Sepaku yang merupakan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara belum dilayani air bersih dari Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Danum Taka (AMDT) PPU.

Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Hartono Basuki mengatakan, selama ini baru beberapa desa yang mendapatkan pasokan air bersih dari Perumda Benuo Taka.

Dari 15 kelurahan/desa di Kecamatan Sepaku, baru ada enam desa yang terlayani air bersih. Yakni, Desa Tengin Baru, Desa Bukit Raya, Desa Bumi Harapan, Desa Sukaraja, Desa Argomulyo dan Desa Sukomulyo. Sedangkan sembilan kelurahan/desa yang belum mendapatkan layanan air bersih Perumda Air Minum Danum Taka yakni, Kelurahan Sepaku, Kelurahan Maridan, Kelurahan Pemaluan, Kelurahan Mentawir, Desa Semoi Dua, Desa Telemow, Desa Wonosari, Desa Karang Jinawi dan Desa Binuang.

Ia mengungkapkan, ketika musim kemarau sumber air bersih mengalami kekeringan. Sedangkan di musim hujan, sumber air cukup melimpah namun airnya keruh.

“Warga terkadang harus membeli air baku sebesar Rp 80 ribu per tandon yang berisikan 1.200 liter air. Jadi, untuk kebutuhan air bersih saja dalam satu bulan butuh biaya yang tidak sedikit,” ujarnya.

Hartono menekankan, pemerintah daerah telah melakukan upaya perluasan layanan air bersih dengan menambah kapasitas produksi Water Treatment Plant (WTP) Sepaku dari 15 liter menjadi 30 liter per detik.

Hartono mengatakan, adanya keterbatasan kemampuan anggaran daerah sehingga pemenuhan kebutuhan air bersih dilakukan secara bertahap.

Namun, adanya pembangunan Bendungan Sepaku-Semoi dan Intake Sungai Sepaku diharapkan dapat memenuhi kebutuhan air bersih bagi warga di kawasan IKN Nusantara.

Baca Juga:   Plt. Bupati PPU Dampingi Presiden Jokowi Tinjau Sejumlah Titik Penting Pembangunan IKN

“Bendungan Sepaku-Semoi dan Intake diharapkan tidak hanya memasok untuk kebutuhan pembangunan infrastruktur IKN, tetapi juga untuk warga sekitarnya,” ujarnya.

Ia menyatakan, adanya pembangunan infrastruktur air bersih di IKN Nusantara akan mempercepat proses pemenuhan kebutuhan air bersih masyarakat Kecamatan Sepaku.

“Saya sebagai masyarakat Sepaku, hidup di sana sejak masih hutan belantara merasa bersyukur dengan adanya IKN. Karena, akan mempercepat mengatasi problem air itu (pemenuhan air bersih),” tuturnya. (*)