Titiknol IKN

Bulan Depan Jokowi Ajak Investor ke IKN, Ini yang akan Dilakukan

×

Bulan Depan Jokowi Ajak Investor ke IKN, Ini yang akan Dilakukan

Sebarkan artikel ini
Ilustrasi: Presiden Joko Widodo saat mengunjungi IKN di Kalimantan Timur.

Presiden Jokowi didampingi Gubernur Kaltim Isran Noor diwawancarai awak media di lokasi IKN Nusantara. HO

TITIKNOL.ID – Sejumlah investor bakal diajak ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara oleh Presiden Jokowi. 

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengkonfirmasi, Presiden Jokowi akan mempresentasikan progres IKN ke para investor.

“Tidak ada persiapan hanya yang penting semua beliau akan menunjukkan progres pekerjaan, sehingga para investor bisa yakin oh ini memang kita jalan,” kata Basuki kepada wartawan, Jumat 27 Januari 2023 dilansir dari Detik.com, Sabtu 28 Januari 2023.

Basuki menyatakan kementerian tengah melakukan land development dengan membersihkan lahan dan membuat kavling yang akan digunakan untuk mendirikan bangunan.

“Ya ini, progres fisik jalan-jalan, land development, kavling-kavling jadi insyaallah Pak Presiden bisa ‘oh kamu bangun rumah sakit di sini, universitas di sini, kantor di sini’,” bebernya.

Kementerian PUPR sendiri segera menyelesaikan pembangunan hunian pekerja. Adapun pengerjaan jalan tol sudah dimulai 2 bulan yang lalu.

“Sudah mulai (pembangunan). Yang hunian pekerja sudah hampir selesai sudah mau masuk, sudah 500 orang masuk menghuni di sana. Jalan tol sudah mulai 2 bulan yang lalu,” bebernya.

“Di 2023 ini (anggaran) Rp 24 triliun untuk IKN. Ada macam-macam, ada cipta karya, air, jalan, perumahan,” imbuhnya.

Ketua Satuan Tugas (Satgas) Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN, Danis Hidayat menyebut pembangunan IKN berjalan sesuai jadwal. Secara rata-rata, progres pembangunan IKN mencapai 14 persen.

“Progres sekitar 12-14 persen. Jadi begini, ada yang udah 100 persen, misalnya jalan logistik ada yang sudah 100 persen. Bendungan itu sekitar 83 persen, jalan tol ada yang baru 2 persen, ada yang 6 persen, ada yang 3 persen,” kata Danis.

Baca Juga:   Proyek IKN 2023 Dapat Suntikan APBN Rp 23 Triliun

Danis melanjutkan target di semester 2 tahun 2024 kawasan istana bisa selesai. Dia menyebut ada target terkait upacara 17 Agustus 2024. (DTC/M04)