Advertorial

Andi Harun Ingin Jadikan Samarinda Pusat Jasa dan Industri

×

Andi Harun Ingin Jadikan Samarinda Pusat Jasa dan Industri

Sebarkan artikel ini

Walikota Samarinda Andi Harun bersama Forkopimda dan sejumlah masyarakat Samarinda. HO

TITIKNOL.ID, TANJUNG SELOR – Walikota Samarinda, Andi Harun melontarkan wacana besar untuk menjadikan Samarinda sebagai pusat jasa perdagangan dan industri.

Dengan demikian, Ibu Kota Kaltim ini tidak lagi tergantung pada sektor pertambangan ekstraktif baik itu fosil dan minyak.

“Kita mulai di tahun 2026, sekarang kan masih ada beberapa Izin Usaha Pertambangan (IUP) yang diberikan oleh pusat,” ungkapnya, Selasa (7/2/2023).

Bagi Andi Harun, sudah cukup dampak yang harus dirasakan masyarakat terkait bisnis pertambangan di Samarinda.

Pemkot Samarinda disebutnya akan meningkatkan Ruang Terbuka Hijau (RTH) hingga 20 persen, hal ini dibuktikan dengan ketegasan Pemkot melakukan penyegelan di lapangan Vorvo dan perumahan di MT Haryono.

“Ini untuk masa depan anak-cucu kita,” tegasnya.

Di sisi lain, pemkot disebut Andi Harun juga fokus pada pengembangan infrastruktur ekonomi kerakyatan, layaknya revitalisasi pasar, kawasan Citra Niaga, Teras Samarinda dan intervensi banjir.

Rencana ini lanjut dikatakan dia, terkait dengan masterplan pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara dengan konsep modern dengan energi terbarukan.

“Dalam Masterplan Ibu Kota Nusantara, Samarinda akan menjadi lokasi pengembangan energi terbarukan, semua untuk generasi kedepannya,” pungkasnya. (dsk/red/adv)