Samarinda

Samarinda Raih Adipura Kategori Kota Besar

×

Samarinda Raih Adipura Kategori Kota Besar

Sebarkan artikel ini

Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar menyerahkan piagam Adipura Kategori Kota Besar kepada perwakilan Pemkot Samarinda, Selasa (28/3/2023). HO

TITIKNOL.ID, SAMARINDA – Kota Samarinda menerima penghargaan Adipura Kategori Kota Besar 2022 yang diserahkan langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya di Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta pada Selasa, 28 Februari 2023.

Wali Kota Samarinda, Andi Harun mengatakan bahwa hal ini tidak terlepas dari semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang terus melakukan sosialisasi dan tata kota Samarinda. 

“Ya, kami turut senang, utamanya OPD teknis seperti Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Dinas Lingkungan Hidup (DLH), juga Dinas Pemukiman Rakyat (Perkim),” tambahnya. 

Andi Harun juga mengungkapkan bahwa penghargaan ini juga tidak lepas dari peran kecamatan-kecamatan dan kelurahan-kelurahan yang rutin melakukan gotong royong untuk pengangkatan sedimen dan juga sampah di lingkungan. 

“Usaha ini akhirnya membuahkan hasil yang baik di tingkat nasional,” tambahnya. 

Selanjutnya ia katakan bahwa tugas pemkot selanjutnya adalah tentang pengolahan sampah yang tepat dan meningkatkan kesadaran masyarakat. 

“Partisipasi aktif masyarakat sangat dibutuhkan untuk mempertahankan bahkan meningkatkan kualitas lingkungan kita,” tegasnya. 

Orang nomor satu ini juga mengatakan, program Probebaya juga sebagai dukungan Pemerintah Kota Samarinda agar masyarakat dapat melakukan gotong royong minimal 2 kali sebulan. 

“Kita masih belum puas pada tahap ini, harus mencapai level yang lebih tinggi lagi,” tegasnya. 

Tahun ini, pemkot juga disebut dia sudah menargetkan 100 unit bedah rumah untuk melakukan tata kota dan mendukung kebersihan lingkungan. 

“Pembangunan toilet umum juga dilakukan tahun ini, untuk mengatasi pencemaran sungai karang mumus dan sungai mahakam karena bagian vital untuk warga,” tambahnya. 

Baca Juga:   Musrenbang 2023, Andi Harun: Buat Program Bermanfaat untuk Masyarakat

Terakhir Andi Harun mengajak seluruh Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), Organisasi Kedaerahan, Keagamaan untuk mensosialisasikan agar sungai kita bersih. 

“Semua penghargaan ini kita dedikasikan untuk seluruh Masyarakat Kota Samarinda,” pungkasnya. (pre/adv)