DPRD SamarindaSamarinda

Ketua Komisi IV Ajak Pelajar Bawa Bekal dari Rumah demi Kurangi Sampah Plastik

×

Ketua Komisi IV Ajak Pelajar Bawa Bekal dari Rumah demi Kurangi Sampah Plastik

Sebarkan artikel ini

Ketua Komisi IV DPRD Samarinda, Sri Puji Astuti. HO

TITIKNOL.ID, SAMARINDA – Ketua Komisi IV DPRD Samarinda, Sri Puji Astuti mengimbau kepada pelajar di Samarinda agar membawa bekal dari rumah masing-masing disertai kotak bekal atau lunch box demi mengurangi sampah plastik di kota ini. 

Hingga kini, masalah sampah di Samarinda masih menjadi ketakutan bagi sebagian masyarakat. Jumlah dan jenis sampah terus bertambah seiring pertumbuhan penduduk dan perkembangan teknologi. Namun, laju solusi pengelolaan sampah masih tertinggal jauh di belakang. 

Dari data Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Samarinda, Kecamatan Samarinda Utara penyumbang sampah terbanyak dengan 90.52 ton perhari dan penyumbang paling sedikit ialah Kecamatan Samarinda Kota dengan 24.36 ton per hari. 

“Untuk terealisasi dengan baik (bawa bekal dari rumah), perlu penguatan dan sosialisasi kepada orang tua murid melalui paguyuban, agar tidak terjadi kebingungan terus orang tua,” ujarnya.

Puji juga mengimbau pihak sekolah menyediakan makanan yang bergizi guna mendukung kesehatan anak di masa pertumbuhan.

Politisi Demokrat ini mengharapkan agar dapat disosialisasikan kepada orangtua murid dan semua pihak mampu bersinergi dan memiliki kesadaran untuk mengurangi sampah plastik di Samarinda.

“Ini adalah gerakan bagus, dan jika semua pihak bergerak dan peduli dengan masalah sampah dan juga sosialisasi untuk penjual makanan di sekolah agar menjual makanan sehat dan bergizi,” tuturnya. (tmk/adv)