Pemkab Bulungan Genjot Pemerataan Infrastruktur Jalan


TITIKNOL.ID, TANJUNG SELOR – Pemerintah Kabupaten Bulungan terus menggenjot pemerataan pembangunan infrastruktur jalan, karena sebagai penunjang penting perekonomian antar wilayah.

“Infrastruktur jalan dari hulu hingga hilir Kabupaten Bulungan terus kita benahi demi pemerataan pembangunan,” kata Bupati Bulungan, Syarwani di Tanjung Selor, Selasa (7/11/2023).

Meskipun kapasitas keuangan Pemerintah Kabupaten Bulungan relatif kecil, namun pembangunan infrastruktur jalan tetap dilakukan berdasarkan skala prioritas.

Bupati Bulungan mengungkapkan, terdapat beberapa program pembangunan yang dilaksanakan di Kecamatan Tanjung Palas Barat. Seperti pembangunan Jalan Desa Long Beluah sepanjang 3,6 kilometer, dengan alokasi anggaran Rp12 miliar.

Termasuk pembangunan jalan Desa Lokpon RT 09 dan RT 10 Desa Long Beluah kurang lebih sepanjang hingga 200 meter.

Pemerintah Kabupaten Bulungan juga membangun jalan semenisasi di daerah tersebut seperti Jalan Dermaga, Gang Mawar, dan jalan lingkungan RT 4 Desa Long Beluah. Termasuk peningkatalan jalan lingkungan Desa Mara Satu dan Desa Mara Hilir.

Lain halnya di di Kecamatan Tanjung Palas Barat, Pemerintah Kabupaten Bulungan membangun sarana prasarana pendidikan seperti ruang kelas baru, ruang laboratorium, ruang perpustakaan, rehabilitas beberapa ruang kelas, hingga utilitas pendidikan.

Bupati menambahkan, tahun ini pembangunan sarana dan prasarana pendidikan di Kecamatan Tanjung Palas Barat juga dilaksanakan, terutama di Sekolah Menengah Pertama Negeri Satu (SMP1) dan SMPN 3.

“Meskipun dengan keterbatasan anggaran prioritas utamanya berupaya melakukan pemerataan pembangunan terutama wilayah terjauh dari akses perkotaan,” ungkapnya.

Dari data yang ada, alokasi APBD Kabupaten Bulungan untuk pembangunan infrastruktur di Kecamatan Peso pada 2023 mencapai Rp2,8 Miliar. Meliputi peningkatan jalan ibukota Kecamatan Peso sebesar Rp1,8 miliar untuk jalan sepanjang 850 meter.

Selain itu terdapat pekerjaan peningkatan jalan Gang Muara Pangean senilai Rp200 Juta, drainase Long Leju dan Long Pla’a Peso sebesar Rp400 juta.

Juga terdapat proyek semenisasi jalan menuju SMP Long Pleban senilai Rp200 juta, dan juga peningkatan Jalan lingkungan Desa Long Peso sejumlah Rp200 juta.

Peningkatan Jalan Dewaruci di Kecamatan Bunyu senilai Rp7,6miliar dengan konstruksi rigid beton sepanjang 1,8 kilometer dengan lebar enam meter.

Di Tanjung Palas Tengah, Pemerintah Kabupaten Bulungan meningkatkan konstruksi jalan penghubung Desa Salimbatu Kecamatan Tanjung Palas sebesar Rp 9,7 miliar.

Selain itu terdapat pembangunan oprit jembatan Salimbatu senilai Rp9 miliar, embatan Antutan- Baratan senilai Rp8 miliar, pemeliharan jalan di dalam kota Tanjung Selor senilai Rp2 miliar.

Sedangkan pendanaan bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) yaitu peningkatan jalan Meranti senilai Rp6,7 miliar, Jalan Rambai Padi Rp1,5 miliar, Jalan Cempedak Rp1,6 miliar, dan juga Jalan Binjai Rp1,6 miliar.

Termasuk peningkatan ruas jalan Tanah Kuning dan Mangkupadi di Kecamatan Tanjung Palas Timur senilai Rp6,018 miliar.

“Peningkatan infrastruktur jalan sarana dan prasarana pendidikan termasuk kesehatan menjadi fokus utama agar masyarakat merasakan pemerataan pembangunan di wilayahnya,” kata Bupati Bulungan. (adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *