Festival Mahakam 2023 Lebih Meriah, Ada Tari Hudoq dan Olahraga Kreasi

TITIKNOL.ID, SAMARINDA – Pemerintah Kota Samarinda menargetkan Festival Mahakam 2023 lebih meriah dan berdampak besar terhadap perekonomian warga. Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Kota Samarinda, H. Muslimin, SE, M.Si, saat menggelar jumpa pers di Kantor Disporapar, Jumat (10/11).

Muslimin mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan berbagai rangkaian acara untuk memeriahkan festival tersebut. Acara-acara tersebut antara lain lomba tari kreasi daerah tingkat SD, tari pesisir, tari pedalaman, kuliner khas Samarinda, lari 5K, e-sport, bazar UMKM dan ekonomi kreatif, balap kapal tambangan, kapal hias, parade jetski, panahan tradisional, dan push bike.

“Semua acara tersebut akan digelar di Taman Bebaya, Samarinda, mulai tanggal 23 hingga 26 November 2023,” kata Muslimin.

Selain acara-acara tersebut, Festival Mahakam 2023 juga akan menampilkan Tari Hudoq, sebuah tarian tradisional masyarakat Dayak Benuaq yang biasa ditampilkan di Festival Pampang.

“Tari Hudoq itu selama ini hanya ditampilkan di Festival Pampang saja, akan tetapi tahun ini akan kami tampilkan juga di dalam Festival Mahakam,” ujar Muslimin.

Muslimin menambahkan, pihaknya juga akan meningkatkan kualitas serta kegiatan olahraga kreasi dan olahraga prestasi dalam Festival Mahakam 2023. Hal ini dilakukan untuk menunjang Ibu Kota Negara (IKN) baru yang akan berlokasi di Kalimantan Timur.

“Dalam Festival Mahakam ini kami ingin meningkatkan olahraga kreasi dan olahraga prestasi guna menunjang IKN, karena kita (Kota Samarinda) akan menjadi kota satelit bagi IKN,” ucapnya.

Muslimin berharap Festival Mahakam 2023 dapat menjadi momen yang berkesan bagi warga Samarinda dan para pengunjung, serta berdampak positif terhadap perekonomian warga.

“Kami berharap Festival Mahakam 2023 dapat menjadi daya tarik untuk mengundang para wisatawan serta investor dan tak lupa juga sebagai hiburan bagi masyarakat kota Samarinda,” jelasnya. (adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *