Bandara IKN di PPU bisa Didarati Boeing Triple 7 dan Airbrush 380

Bandara VVIP IKN memiliki ukuran Runaway 3000 meter dan lebar 45 meter sehingga pesawat berbadan besar seperti Boeing triple 7 dan airbrush 380 dapat mendarat di bandara itu.

Kementerian Perhubungan Republik Indonesia menggelar doa bersama dalam rangka pembangunan Bandar Udara (Bandara) Ibukota Nusantara (IKN) yang berada di Kelurahan Gresik, Kecamatan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Minggu, (10/12/2023) pagi, TITIKNOL.ID/HO

TITIKNOL.ID, PENAJAM – Kementerian Perhubungan Republik Indonesia menggelar doa bersama dalam rangka pembangunan Bandar Udara (Bandara) Ibukota Nusantara (IKN) yang berada di Kelurahan Gresik, Kecamatan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Minggu, (10/12/2023) pagi.

Penjabat (Pj) Bupati PPU, Makmur Marbun hadir bersama Direktorat Jenderal (Dirjen) Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan RI, Maria Kristi Endah Murni yang hadir mewakili menteri perhubungan RI dalam momen doa bersama itu.

Pj. Bupati PPU, Makmur Marbun mengatakan bahwa pemerintah Kabupaten PPU sangat mendukung percepatan pembangunan bandara VVIP yang berada di Kelurahan Gresik Kecamatan Penajam tersebut.

Dia mengatakan bahwa dirinya bersama jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (forkopimda) Kabupaten PPU terus melakukan upaya dalam rangka percepatan pembangunan bandara IKN itu.

“Kami di sini bersama forkopimda PPU ada pak kajari, pak dandim dan kapolres selalu berdiskusi bagaimana memberikan sumbangsih dalam rangka percepatan pembangunan bandara IKN ini,” kata Makmur Marbun.

Direktorat Jenderal (Dirjen) Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan RI, Maria Kristi Endah Murni melakukan pemotongan tumpeng saat digelar menggelar doa bersama dalam rangka pembangunan Bandar Udara (Bandara) Ibukota Nusantara (IKN) yang berada di Kelurahan Gresik, Kecamatan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Minggu, (10/12/2023) pagi. TITIKNOL.ID/HO

Makmur Marbun menambahkan bahwa melalui kegiatan doa bersama yang digelar oleh Menteri Perhubungan pada hari ini pembangunan bandara VVIP yang telah berjalan tersebut dapat segera selesai.

“Mari kita berdoa bersama kepada Tuhan YME semoga pembangunan bandara ini cepat selesai tanpa hambatan suatu apapun,” tutupnya.

Baca Juga:   PLN Pastikan Cukup Daya untuk IKN Nusantara

Sementara itu Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan RI, Maria Kristi dalam sambutannya mengatakan bersyukur pembangunan Bandara Ibukota Nusantara telah dimulai yang ditandai dengan terlaksananya ground breaking oleh Presiden RI, Joko Widodo pada 1 November lalu sehingga pembangunan bandara ini diharapkan dapat berjalan lancar dan tepat waktu.

Bandara ibukota Nusantara ini tambah dia, mempunyai luas terminal 7.350 meter persegi yang akan diperuntukkan untuk menyambut tamu VIP dan VVIP sehingga penumpang dapat terlayani dengan baik.

“Desain bandara ini selaras dengan konsep dasar IKN yaitu memadukan unsur modern dengan unsur kearifan lokal Kalimantan serta motif suku dayak dan tameng suku dayak.

Selain itu desainnya juga mempertahankan semaksimal mungkin tentang alam, bentuk kontur dan vegetasi yang sudah ada, ” bebernya.

Dijelaskan dia bahwa bandara tersebut memiliki ukuran Runaway 3000 meter dan lebar 45 meter sehingga pesawat berbadan besar seperti Boeing triple 7 dan airbrush 380 dapat mendarat di bandara itu.

“Saya berharap bandara Ibukota Nusantara ini dapat mendukung kegiatan pemerintahan di IKN guna memberikan pelayanan prima kepada masyarakat. Melalui doa bersama ini semoga pembangunan bandara dapat tepat waktu,” tutupnya.

Dalam kesempatan ini Maria Christy murni didampingi PJ Bupati PPU juga menyerahkan sejumlah bingkisan kepada puluhan masyarakat yang berada di kelurahan gersik dan sekitarnya sebagai lokasi pembangunan bandara VVIP IKN. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *