TitiknolKaltim

Dewan Optimistis Sinergi Pemkot-TNI AD Mampu Hadapi Dampak Perubahan Iklim

×

Dewan Optimistis Sinergi Pemkot-TNI AD Mampu Hadapi Dampak Perubahan Iklim

Sebarkan artikel ini
Ketua DPRD Kota Samarinda, Sugiyono. IST

TITIKNOL.ID – Ketua DPRD Kota Samarinda, Sugiyono, mendukung terjalinnya sinergi yang semakin kuat antara TNI AD dan Pemerintah Kota Samarinda dalam menghadapi dampak perubahan iklim.

Sugiyono menyampaikan bahwa sinergi antara TNI AD dan Pemkot Samarinda diharapkan dapat meningkatkan efektivitas upaya penanggulangan dan adaptasi terhadap perubahan iklim, sehingga dapat meminimalisir dampak negatifnya bagi masyarakat.

“Perubahan iklim merupakan salah satu isu penting yang harus kita sikapi dengan serius. Dampak perubahan iklim dapat menimbulkan berbagai bencana alam, seperti banjir, kekeringan, dan tanah longsor,” ujar Sugiyono.

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa TNI AD memiliki berbagai sumber daya dan kemampuan yang dapat dimaksimalkan untuk membantu Pemkot Samarinda dalam menghadapi dampak perubahan iklim.

“TNI AD memiliki personel yang terlatih dan berpengalaman dalam penanggulangan bencana alam. Selain itu, TNI AD juga memiliki berbagai peralatan yang dapat digunakan untuk membantu masyarakat yang terkena dampak bencana alam,” tutur Yusub.

Ia pun menghimbau kepada masyarakat agar membuang sampah pada tempatnya dan membersihkan parit untuk meminimalisir dampak banjir.

Kapolres Samarinda Kombes Pol Ary Fadli juga menekankan peran penting masyarakat dalam menghadapi perubahan iklim.

“Dari sisi pemerintah telah menyiapkan sarana prasarana mengantisipasi perubahan iklim di Samarinda dan masyarakat juga harus membantu pemerintah untuk perubahan iklim yang begitu signifikan,” ujar Ary Fadli kepada wartawan usai kegiatan tersebut.

Ia pun mengatakan bahwa pemerintah melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) berharap kesiap-siagaan dalam menghadapi situasi bencana apapun dan tidak lupa juga peran penting masyarakat jauh lebih penting.

Kegiatan Komsos ini diharapkan dapat menjadi wadah untuk meningkatkan koordinasi dan kolaborasi antara TNI AD dan Pemkot Samarinda dalam upaya penanggulangan dan adaptasi terhadap perubahan iklim. (*/wil/adv)