TitiknolKaltim

Andi Harun Turut Memulai Pembangunan Masjid Megah Bernuansa Uzbekistan di Samarinda

×

Andi Harun Turut Memulai Pembangunan Masjid Megah Bernuansa Uzbekistan di Samarinda

Sebarkan artikel ini

TITIKNOL.ID – Walikota Samarinda, Andi Harun, meletakkan batu pertama pembangunan Masjid Agung Gunung Batu Putih dan Kawasan Wisata Religi Samarinda, Rabu (24/4/2024).

Masjid yang berlokasi di Jalan MT Haryono, Kelurahan Air Putih, Kecamatan Samarinda Ulu, Kota Samarinda ini akan dibangun di atas lahan seluas 10 hektare.

Sebuah Monumen Kebaikan

Andi Harun atas nama Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada PT Kaltim Diamond Coal (KDC) Group yang menginisiasi pembangunan masjid ini. Ia menyebutnya sebagai sebuah monumen di Samarinda dan salah satu masjid terbaik di Indonesia.

“Atas nama Pemkot Samarinda, saya mengapresiasi dan berterima kasih kepada Alex dan keluarga, jajaran, serta usaha beliau yang telah mempersembahkan sebuah monumen yang akan berlangsung di Samarinda yakni Masjid Agung dengan arsitektur Uzbekistan dan menjadi salah satu masjid terbaik di Indonesia,” puji Andi Harun.

Dua Pelajaran Berharga

Melihat kegiatan ini, Andi Harun mengungkapkan bahwa ia mendapatkan dua pelajaran berharga. Pertama, sebuah harta yang berada di tangan yang tepat akan menghasilkan manfaat yang besar.

“Menjadi kaya membuat kita belajar bahwa dengan harta dan kekayaan bisa menjadi nur (cahaya) baik kepada dirinya, umat, negeri dan menjadi pelajaran kita semua bahwa harta membawa keberkahan,” jelasnya.

Kedua, Andi Harun melanjutkan bahwa dengan kegiatan tersebut juga mengajarkan kita bahwa pentingnya mempersiapkan bekal menuju kehidupan selanjutnya. Salah satunya menggunakan harta di jalan yang baik seperti halnya membangun masjid.

“Dan kedua, menjadi pribadi yang agung. Kita diharuskan memiliki bekal yang cukup. Haji Alex bisa menjadi contoh. Beliau mempersiapkan bekal dengan membangun masjid. Terima kasih kepada Pak Haji Alex dan jajaran,” kata Andi Harun.

Baca Juga:   Gerak Cepat Amankan Instalasi Kelistrikan, PLN Kedepankan Keselamatan Masyarakat Saat Banjir Di Ujoh Bilang

Kemegahan Arsitektur Uzbekistan

Masjid Agung Gunung Batu Putih akan memiliki desain arsitektur Uzbekistan yang megah. Diperkirakan mampu menampung 10 ribu sampai 12 ribu orang yang salat sekaligus. Tinggi setiap menaranya akan mencapai 80 meter dengan tinggi kubah mencapai 50 meter. Masjid ini juga akan memiliki pemandangan yang indah dengan melihat langsung suasana Kota Samarinda.

Pembangunan masjid ini diharapkan tidak hanya menjadi tempat ibadah, tetapi juga menjadi ikon wisata religi baru di Samarinda dan Kalimantan Timur. (*/wil/adv)