TitiknolKaltim

MTQ ke-53 Samarinda Ilir Digelar, Semarakkan Syiar Al-Qur’an dan Bangkitkan Semangat Beragama

×

MTQ ke-53 Samarinda Ilir Digelar, Semarakkan Syiar Al-Qur’an dan Bangkitkan Semangat Beragama

Sebarkan artikel ini

TITIKNOL.ID – Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-53 Tingkat Kecamatan Samarinda Ilir resmi dibuka hari ini, Sabtu (4/5/2024), di Jalan Abdul Aziz Samad. Acara pembukaan yang meriah ini dihadiri oleh para tokoh agama, pejabat setempat, dan masyarakat umum.

Wali Kota Samarinda, Andi Harun, dalam sambutannya yang dibacakan oleh Camat Samarinda Ilir, La Uje, menyampaikan rasa syukur dan terima kasihnya atas terselenggaranya MTQ ke-53 ini. Ia berharap MTQ ini dapat menjadi wadah untuk meningkatkan syiar Al-Qur’an dan membangkitkan semangat beragama di kalangan masyarakat.

“MTQ adalah sebuah festival keagamaan bagi umat Islam untuk menggaungkan Al-Qur’an. Peserta mengaji dengan qiraat atau seni membaca Al-Qur’an dan mensyiarkan ajaran Islam,” kata Andi Harun.

Lebih lanjut, Andi Harun menjelaskan bahwa MTQ juga merupakan metode dakwah yang efektif. Selain bermanfaat bagi para peserta, MTQ juga dapat memberikan ketenangan dan kedamaian bagi masyarakat yang mendengarkan lantunan ayat suci Al-Qur’an.

“Melalui MTQ ini, diharapkan pengetahuan dan pemahaman masyarakat terhadap Al-Qur’an semakin meningkat, sehingga dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) di Samarinda Ilir,” kata Andi Harun.

MTQ ke-53 Samarinda Ilir diikuti oleh 132 peserta dari lima kelurahan, yaitu Selili, Sidomulyo, Sungai Dama, Sidodamai, dan Pelita. Para peserta akan bertanding dalam berbagai cabang musabaqah, seperti tilawah, tahfizh, dan tafsir Al-Qur’an.

Pemerintah Kota Samarinda berharap MTQ ini dapat berjalan dengan lancar dan sukses, serta memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat. (*/wil/adv)