TitiknolKaltim

PLN Gandeng Komunitas Populerkan Kendaraan Listrik di Bontang demi Percepat Ekosistem Kendaraan Ramah Lingkungan

×

PLN Gandeng Komunitas Populerkan Kendaraan Listrik di Bontang demi Percepat Ekosistem Kendaraan Ramah Lingkungan

Sebarkan artikel ini
PLN UP3 Bontang bersama Bontang Electric Vehicle Community (B-RICH). HO-PLN

TITIKNOL.ID – Sebagai upaya mempercepat terbentuknya ekosistem kendaraan ramah lingkungan, PLN UP3 Bontang bersama Bontang Electric Vehicle Community (B-RICH) mengadakan kegiatan konvoi kendaraan listrik yang melalui rute kantor PLN UP3 Bontang hingga ke GOR PKT (Gedung Olahraga PKT). Konvoi melibatkan berbagai pihak seperti perwakilan manajemen PLN, Polres Kota Bontang, dan anggota komunitas B-RICH.

Manajer PLN UP3 Bontang Dody Suhendra mengungkapkan, kegiatan yang diinisisasi bersama komunitas B-RICH selain untuk mempopulerkan kendaraan listrik, kegiatan ini juga bertujuan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat tentang manfaat kendaraan listrik dan ketersedian sarana pendukung seperti Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang dapat dimanfaatkan pemilik kendaraan listrik di Kota Bontang.

“Kegiatan konvoi kali ini sebagai wadah silataruhmi kami dengan Porles Kota Bontang dan komunitas listrik yang ada di Bontang sembari mempopulerkan kendaraan listrik guna mendukung terbentuknya ekosistem kendaraan ramah lingkungan sesuai dengan program yang tengah ditetapkan Pemerintah saat ini.“ ungkap Dodi.

Manajer PLN ULP Bontang Kota Rian Bagus Wijaya yang ikut serta pada kegiatan konvoi menyatakan kegiatan seperti ini bisa rutin dilakukan dan terjadwal dengan materi dan konsep kegiatan yang bervariatif, sehingga event bersama komunitas B-RICH bisa menarik lebih banyak animo masyarakat yang penasaran dengan kendaraan listrik.

“Kami sangat antusias dengan kegiatan ini karena menjadi harapan bersama di Kota Bontang khususnya untuk peralihan penggunaan kendaraan listrik yang zero emission dan harapannya rekan-rekan semua bisa menjadi contoh bagi warga kota Bontang untuk dapat memberikan sharing experience-nya tentang berkendara menggunakan kendaraan Listrik yang ramah lingkungan ini,” tutur Rian.

Jimmy, salah satu perserta konvoi dari komunitas B-Rich mengapresiasi apa yang dilakukan PLN dalam mempopulerkan kendaraan ramah lingkungan di Bontang. Jimmy menilai kendaraan listrik merupakan pilihan yang paling tepat untuk mobilisasi masyarakat kota berkembang seperti Bontang.

Baca Juga:   22 Tower Hunian Mampu Tampung 17 Ribu Pekerja IKN Nusantara

Selain ramah lingkungan perawatan dan biaya pengganti bahan bakar yang dikeluarkan juga terbilang minim untuk menempuh perjalanan di dalam Kota Bontang.

“Selamat dan sukses atas terselenggaranya event ini, semoga kedepannya semakin banyak lagi masyarakat yang beralih menggunakan kendaraan listrik dan target PLN dalam menyiapkan infrastruktur pendukung kendaraan listrik seperti SPKLU dan segera terpenuhi.” ungkap Jimmy

General Manager PLN UID Kaltimra Agung Murdifi menyatakan Kolaborasi antara PLN UP3 Bontang bersama Bontang B-RICH adalah langkah nyata PLN dalam mendukung transisi energi menuju Net Zero Emission 2060 sesuai yang dicanangkan pemerintah.

Hal ini diharapkan dapat merambah ke daerah lain di Kaltim dan Kaltara dalam upaya mempercepat terbentuknya ekosistem kendaraan ramah lingkungan dan mendukung transisi energi menuju energi hijau.

“Transisi energi merupakan salah satu fokus manajemen PLN yang coba diwujudkan secara bertahap dalam menuju NZE 2060. Oleh karena itu upaya-upaya pengenalan dan pemanfaatan infrastruktur pendukung kendaraan listrik berbasis baterai (KLBB) terus kami dorong di unit kami untuk mempercepat ekosistem kendaraan listrik khususnya di Kaltim dan Kaltara,” ujar Agung Murdifi. (*/pln/adv)