News google
TitiknolKaltim

MTQ ke-13 Kecamatan Loa Janan Ilir Digelar, Andi Harun Tekankan Pentingnya Pemahaman Al-Qur’an di Era Digital

×

MTQ ke-13 Kecamatan Loa Janan Ilir Digelar, Andi Harun Tekankan Pentingnya Pemahaman Al-Qur’an di Era Digital

Sebarkan artikel ini
Walikota Samarinda Andi Harun memukul beduk tanda dibukanya Musabaqoh Tilawatil Qur an (MTQ) ke-13 Kecamatan Loa Janan Ilir, Jumat (10/5/2024) malam. IST

TITIKNOL.ID – Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-13 tingkat Kecamatan Loa Janan Ilir resmi dibuka pada Jumat malam (10/5/2024) di halaman Masjid Baiturrahman RT 11 Kelurahan Simpang Tiga. Acara ini diikuti oleh 167 peserta dari lima kelurahan di wilayah Loa Janan Ilir, yaitu Simpang Tiga, Harapan Baru, Rapak Dalam, Sengkotek, dan Tani Aman.

Wali Kota Samarinda, Dr. H. Andi Harun, dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada panitia atas kerja kerasnya dalam menyelenggarakan MTQ di tengah keterbatasan anggaran. Ia menjelaskan bahwa fokus pembinaan dan persiapan kontingen MTQ tingkat provinsi dan nasional menjadi alasan ditiadakannya MTQ tingkat kecamatan pada tahun ini.

Namun demikian, Andi Harun menegaskan pentingnya MTQ sebagai wadah pembinaan generasi muda untuk memahami dan mengamalkan Al-Qur’an. Menurutnya, Al-Qur’an menjadi pedoman hidup yang semakin penting di era digital saat ini, di mana berbagai informasi dengan mudah didapatkan, baik yang positif maupun negatif.

“Pemahaman dan pengamalan Al-Qur’an dapat menjadi filter dalam mengimbangi pengaruh negatif dari berbagai jenis informasi tersebut,” jelas Andi Harun.

Lebih lanjut, Andi Harun juga mengingatkan masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya secara bertanggung jawab dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak yang akan digelar pada 24 November 2024.

“Gunakan hak pilih dan pilihlah calon pemimpin sesuai hati nurani yang jujur tanpa terpengaruh money politic,” pesannya.

Pembukaan MTQ ke-13 Loa Janan Ilir ditandai dengan penabuhan beduk oleh Wali Kota Andi Harun. Diharapkan MTQ ini dapat melahirkan generasi muda yang cinta Al-Qur’an dan berakhlak mulia. (*/wil/adv)