News google
TitiknolKaltim

Bersih-Bersih Sungai Karang Mumus, DLH: Penting bagi Kehidupan Warga Samarinda!

×

Bersih-Bersih Sungai Karang Mumus, DLH: Penting bagi Kehidupan Warga Samarinda!

Sebarkan artikel ini
Petugas DLH melakukan aksi susur sungai Karang Mumus untukmembersihkan sampah yang menggenang, Sabtu (18/5/2024). IST

TITIKNOL.ID – Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Samarinda, Endang Liansyah, geram dengan lambatnya kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan Sungai Karang Mumus (SKM) . Hal ini ia sampaikan dalam kegiatan susur sungai, Sabtu (18/5/2024).

“Kalau masyarakatnya nggak sadar-sadar sampai kiamat enggak bersih-bersih Sungai Karang Mumus. Kota ini punya kita, kita hidup di sini, kita juga yang ngotorin,” keluh Endang.

Menurut Endang, mayoritas sampah yang mencemari SKM berasal dari penduduk yang tinggal di sekitar sungai, pasar, dan saluran-saluran parit yang bermuara di SKM. Ia menegaskan bahwa pemerintah sudah berupaya maksimal dengan memberikan fasilitas dan imbauan, namun tanpa kerja sama masyarakat, usaha tersebut akan sia-sia.

“Diminta buang sampah di TPS dari jam 6 sore sampai jam 6 pagi saja banyak yang tidak mau nurut. Setiap hari kami bersih-bersih TPS, karena memang harus bersih. Tapi kalau siang hari masih banyak yang buang sampah sembarangan,” bebernya.

Sebagai langkah konkret, DLH Samarinda memasang jaring dengan pelampung di sungai untuk mencegat sampah agar tidak masuk ke SKM. Tim dari DLH juga secara rutin memantau dan mengangkat sampah yang terkumpul.

Endang mengingatkan bahwa kebersihan SKM sangat penting bagi kehidupan sehari-hari warga, karena air sungai sering digunakan untuk berbagai keperluan. Ia pun berharap, dengan meningkatkan kesadaran dan kedisiplinan dalam membuang sampah, SKM bisa menjadi lebih bersih.

“Dikasih imbauan, Sungai Karang Mumus ini kan buat kita juga. Airnya kadang kita pakai cuci buat sehari-hari. Kalau SKM kita kotor bagaimana? Jadi intinya kalau tidak mau membantu bersihkan, jangan mengotori,” pungkasnya. (*/wil/adv)