News google
TitiknolKaltim

Long Iram Kini Normal 100%, PLN Operasi Cepat Pulihkan Listrik Pasca Banjir Mahulu

×

Long Iram Kini Normal 100%, PLN Operasi Cepat Pulihkan Listrik Pasca Banjir Mahulu

Sebarkan artikel ini
Petugas PLN mengamati mesin pembangkit yang telah dioperasikan di Desa Long Iram, Kabupaten Mahakam Ulu. HO-PLN UID Kaltimra

TITIKNOL.ID – Gerak cepat PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara (UID Kaltimra) dalam memulihkan kelistrikan di wilayah terdampak banjir di Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu) mulai menunjukkan hasil. Desa Long Iram, salah satu desa yang terdampak banjir, kini telah kembali menikmati listrik 100%.

General Manager PLN UID Kaltimra Agung Murdifi menjelaskan bahwa pasca banjir mulai surut, tim PLN langsung bergerak paralel untuk memastikan kondisi gardu, jaringan, dan pembangkit yang masih bisa difungsikan.

“Inventarisasi aset kelistrikan menjadi fokus utama kami dalam percepatan pemulihan di setiap desa yang terdampak di Mahulu,” ujar Agung.

Menurutnya, Long Iram dapat dipulihkan terlebih dahulu karena pembangkit yang ada masih bisa dioperasikan.

“Kurang dari 24 jam saat tim kami mulai mengevakuasi aset kelistrikan di Long Iram, penormalan bertahap langsung bisa dilakukan. Tim kami bergerak secara simultan untuk memperbaiki jaringan dan gardu distribusi yang sempat terendam air pasca banjir,” jelas Agung.

Upaya PLN membuahkan hasil. Dalam waktu tiga hari, kelistrikan di Long Iram akhirnya bisa normal sepenuhnya.

“Kami berterima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu kami dalam mempercepat pemulihan kelistrikan di Long Iram. Kami berharap daerah lain yang terdampak di Mahulu juga segera kami normalkan agar aktivitas masyarakat di Mahulu dapat segera normal kembali,” tutur Agung.

Salah satu warga Long Iram, Darwanto, mengungkapkan rasa syukur atas kembalinya pasokan listrik di desanya.

“Kami bersyukur sekali listrik sudah bisa dipakai lagi, jadi penerangan sudah berfungsi dan warung-warung warga sudah bisa mulai berjualan lagi. Semoga perlahan kegiatan warga desa bisa normal kembali dengan normalnya listrik di sini,” ujar Darwanto. (*/pln/adv)