News google
TitiknolKaltim

Walikota Samarinda Andi Harun Berbagi Pengalaman Kelola Air di Forum Air Dunia: IKN Jadi Sorotan

×

Walikota Samarinda Andi Harun Berbagi Pengalaman Kelola Air di Forum Air Dunia: IKN Jadi Sorotan

Sebarkan artikel ini
Walikota Samarinda Andi Harun dan Wali Kota Konya-Turki, Ugur Ibrahim Altay pada Konferensi Tingkat Tinggi World Water Forum di Bali, Rabu (22/5/2024). IST

TITIKNOL.ID – Walikota Samarinda, Andi Harun, menjadi salah satu pembicara kunci dalam World Water Forum (WWF) ke-10 yang berlangsung di Nusa Dua, Bali, Rabu (22/5/2024).

Di hadapan para pemimpin dunia, Andi Harun memaparkan pengalaman Kota Samarinda dalam mengelola sumber daya air secara berkelanjutan dan berkeadilan.

Forum yang diselenggarakan setiap tiga tahun sekali ini menjadi wadah bagi para pemimpin dunia untuk membahas berbagai isu terkait air, termasuk manajemen air, akses air bersih, mitigasi krisis air, dan kerjasama global.

Andi Harun dalam pidatonya menyampaikan komitmen kuat Samarinda untuk memastikan akses air bersih dan berkelanjutan bagi seluruh masyarakat. Ia juga menekankan pentingnya pelibatan komunitas lokal dan tata kelola air yang transparan dan akuntabel.

IKN Nusantara Menjadi Daya Tarik

Kesempatan ini tak luput untuk mempromosikan pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara kepada dunia. Andi Harun menjelaskan bahwa IKN dirancang sebagai kota yang ramah lingkungan dan berkelanjutan, dengan pengelolaan air yang menjadi salah satu fokus utama.

“Kami ingin menciptakan ‘3 Cities Connected’ yang terdiri dari IKN, Balikpapan, dan Samarinda yang terintegrasi dengan baik dan saling mendukung,” ujar Andi Harun.

Kerja sama Internasional

Kehadiran Andi Harun di WWF ke-10 ini membuahkan hasil. Beberapa negara, termasuk Turki, menyatakan ketertarikan untuk menjalin kerjasama dalam pembangunan IKN, khususnya dalam hal pengelolaan air.

Wali Kota Konya-Turki, Ugur Ibrahim Altay, menyebut IKN sebagai “perencanaan jangka panjang yang matang” dan menyatakan kesiapannya untuk belajar dari pengalaman Samarinda.

“Kami ingin belajar dari pengalaman mereka ini. Kami yakin IKN akan menjadi kota yang luar biasa dan kami ingin menjadi bagian dari proses pembangunannya,” terang Altay. (*/wil/adv)