News google
Titiknol IKN

Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Sebut Ibu Kota Sudah Resmi Pindah ke IKN Saat HUT ke-79 RI

×

Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Sebut Ibu Kota Sudah Resmi Pindah ke IKN Saat HUT ke-79 RI

Sebarkan artikel ini

Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono memastikan ibu kota negara sudah resmi pindah dari Jakarta ke Nusantara di Kalimantan

IBU KOTA NUSANTARA - Nuansa di hutan hujan tropis IKN Nusantara, Kalimantan Timur. Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono memastikan ibu kota negara sudah resmi pindah dari Jakarta ke Nusantara di Kalimantan saat HUT ke-79 RI pada 17 Agustus mendatang. (HO/OIKN)

TITIKNOL.ID – Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono memastikan ibu kota negara sudah resmi pindah dari Jakarta ke Nusantara di Kalimantan saat HUT ke-79 RI pada 17 Agustus mendatang.

Dia yang juga Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Jokowi itu mengatakan saat ini dirinya tengah mempersiapkan acara HUT ke-79 RI di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Ia menyebut pemerintah pusat akan segera menerbitkan peraturan presiden (Perpres) terkait pemindahan ibu kota dari Jakarta ke Nusantara.

“Ya kira-kira seperti itu (17 Agustus ibu kota sudah resmi pindah). Sudah menjadi komitmen pemerintah pusat bahwa sesegera mungkin Perpres itu dikeluarkan, sehingga waktunya tepat untuk beralih menjadi DKJ,” ujarnya di Hotel Langham, Jakarta, Rabu (29/5).

Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi. (HO/Istimewa)

Heru menyampaikan akan ada serangkaian kegiatan yang dilakukan di IKN yang digelar mulai 1 hingga 17 Agustus 2024.

“Berikutnya 18 Agustus Bapak Presiden rencananya akan meresmikan masjid IKN, dan itu kerangka awal untuk melakukan kegiatan pemerintahan di IKN,” ujarnya.

Lebih lanjut, Heru mengatakan akan ada acara seremonial yang digelar dalam rangka melepas status DKI Jakarta menjadi Daerah Khusus Jakarta (DKJ) pada Agustus mendatang.

“Ada seremonial yang kira-kira nanti melepas bendera dan duplikat proklamasi dari Monas ke Istana Jakarta, dari Istana Jakarta nanti menuju ke Istana IKN. Waktunya Agustus, itu menandakan bahwa persiapan upacara 17 Agustus di IKN,” ucap Heru.

Status Jakarta sebagai ibu kota baru bisa tergantikan oleh Nusantara di Kalimantan Timur apabila Keputusan Presiden tentang UU IKN terbit. Belum diketahui kapan aturan itu diterbitkan. (*)