News google
Titiknol IKN

Progres Pembangunan Tol Balikpapan-IKN Nusantara Segmen Tempadung-Pulau Balang, Dikejar untuk HUT ke 79 RI

×

Progres Pembangunan Tol Balikpapan-IKN Nusantara Segmen Tempadung-Pulau Balang, Dikejar untuk HUT ke 79 RI

Sebarkan artikel ini
TOL BALIKPAPAN IKN - Pembangunan jalan tol yang menghubungkan Kota Balikpapan dan Ibu Kota Nusantara atau IKN Nusantara ini adalah untuk Segmen 5A Sp Tempadung-Jembatan Pulau Balang. Saat ini, progres konstruksi Jalan Tol IKN Segmen 5A Sp Tempadung-Jembatan Pulau Balang telah mencapai 83,57 persen, Jumat (31/5/2024). (WSKT)

 TITIKNOL.ID, NUSANTARA – Pembangunan infrastruktur jalan tol yang hubungkan Kota Balikpapan dengan Ibu Kota Nusantara ditargetkan selesai agar bisa digunakan saat nanti ada peringatan perayaan hari Kemerdekaan Republik Indonesia. 

Pembangunan jalan tol yang menghubungkan Kota Balikpapan dan Ibu Kota Nusantara atau IKN Nusantara ini adalah untuk Segmen 5A Sp Tempadung-Jembatan Pulau Balang.

Percepatan dilakukan guna mengejar target fungsionalisasi pada 17 Agustus 2024 pada peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan RI.

Saat ini, progres konstruksi Jalan Tol IKN Segmen 5A Sp Tempadung-Jembatan Pulau Balang telah mencapai 83,57 persen.

Demikian dibeberkan oleh SVP Corporate Secretary Perseroan Ermy Puspa Yunita dalam press rilis yang dikutip Titiknol.id pada Sabtu (1/6/2024).

Dia mengatakan, perkembangan pekerjaan di lapangan mengalami deviasi percepatan dari rencana sebelumnya.

Perseroan berkomitmen untuk menyelesaikan salah satu bagian pembangunan infrastruktur konektivitas yang menghubungkan Kota Balikpapan dengan IKN Nusantara.

“Dapat digunakan untuk mobilitas penyeleggaraan HUT ke-79 Republik Indonesia pada 17 Agustus 2024,” beber Ermy.

Kata Ermy, jalan tol ini dapat mempersingkat waktu tempuh perjalanan antara IKN dan Balikpapan hingga 45 menit dengan jarak 57 kilometer.

Ilustrasi penampakan pembangunan IKN Nusantara di Kalimantan Timur (Instagram @kemenpupr)

Dalam pembangunannya, tim proyek Jalan Tol IKN Segmen 5A melakukan pengembangan inovasi dari sisi QHSE, teknik maupun digitalisasi yang bertujuan membuat pekerjaan menjadi lebih efektif, efisien, dan tentunya tepat mutu.

Pertama, tim proyek melakukan inovasi dengan mengembangkan Sistem Penakar Hujan Otomatis yang mudah dibaca dan diakses via internet.

Manfaatnya untuk mengukur curah hujan dengan mempertimbangkan faktor-faktor keselamatan saat melakukan pekerjaan lapangan yang dapat mempengaruhi kualitas pekerjaan.

Selain itu, tim proyek melakukan optimalisasi pengambilan data fotogrametri dengan drone Post Processing Kinematic (PPK) DJI Mavic 3E.

Baca Juga:   OIKN Ajak Investor Dunia Dukung Pembangunan IKN Nusantara

PPK adalah salah satu metode pengamatan dalam Global Navigation Satelite System (GNSS) base station. di mana titik dan alatnya bergerak sesuai dengan area pengukuran.

PPK memiliki keunggulan karena tidak memerlukan koneksi radio real-time ke pesawat dari base station sehingga penyimpanan data lebih cepat dan mudah.

Inovasi lainnya, tim proyek melakukan konsep intelligent compaction untuk proses pemadatan dasar tanah.

Manfaat metode IC antara lain memperoleh data di seluruh luas area yang dipadatkan sesuai dengan model yang telah direncanakan melalui BIM sehingga waktu pekerjaan menjadi lebih optimal.

BIM membuat proses pekerjaan pada proyek menjadi lebih mudah mulai dari pembuatan gambar kerja, evaluasi desain, progres pemetaan, sekuens pekerjaan, estimasi biaya dan quantity take off, hingga koordinasi dengan pihak yang terlibat pada proses pembangunan proyek baik itu pemberi tugas, kontraktor, maupun konsultan.

Selain itu, dengan adanya sistem data berbasis cloud maka seluruh proses kegiatan proyek dapat terekam dan tersimpan dengan baik juga dapat diakses secara realtime kapan pun dan dimanapun.

Untuk diketahui, Waskita Karya mengerjakan 12 proyek IKN dengan total nilai kontrak mencapai Rp 13,6 triliun.

Sementara itu untuk porsi Waskita Karya sendiri sebesar Rp 7,5 triliun, mencakup:

– Jalan Akses Lingkar Sepaku Seksi 4;

– Jalan Tol IKN Segmen 5A;

– Gedung Sekretariat Negara;

– Gedung Kemenko 3;

– Gedung Kemenko 4;

– IPAL 1,2,3 IKN Nusantara.

– Jalan Feeder kawasan KIPP IKN;

– Rumah Susun ASN;

– Jalan Nasional IKN Seksi 6C-1;

– Multi-Utility Tunnel-01 (MUT);

– Jalan Tol Segmen 3B-2;

– dan Jalan Akses Bandara VVIP IKN Nusantara.