News google
TitiknolKaltim

Presiden Jokowi hingga 6 Juni di Ibu Kota Nusantara Kaltim dan Menjawab Semua Pertanyaan  

×

Presiden Jokowi hingga 6 Juni di Ibu Kota Nusantara Kaltim dan Menjawab Semua Pertanyaan  

Sebarkan artikel ini
JOKOWI DI IKN - Presiden Jokowi saat berada di IKN Nusantara, Kalimantan Timur melakukan peletakan batu pertama pembangunan beberapa lembaga pendidikan. Presiden Jokowi menyatakan kesan yang indah saat berada di Ibu Kota Nusantara. Di lokasi Ibu Kota Nusantara, Presiden Jokowi menginap di rumah dinas menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Rabu (5/6/2024). (Instagram @jokowi)

TITIKNOL.ID, NUSANTARA – Presiden Joko Widodo atau Jokowi masih akan bekerja dari di Ibu Kota Nusantara atau IKN Nusantara di Kalimantan Timur hingga 6 Juni 2024. 

Presiden Jokowi bermalam di Ibu Kota Nusantara merasakan kesan yang mengesankan. 

Hal ini terungkap saat diwawancarai para wartawan yang terekam dalam tayangan YouTube Metro TV: Jawaban Jokowi Soal Mundurnya Kepala Otorita IKN, Rabu (5/6/2024). 

Presiden Jokowi menyatakan kesan yang indah saat berada di Ibu Kota Nusantara. Di lokasi Ibu Kota Nusantara, Presiden Jokowi menginap di rumah dinas menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. 

“Tadi malam saya menginap di rumah menteri PUPR, rumah dinas PUPR. Paginya sangat indah sekali. Kemarin matahari terbenam indah sekali. Suasana itu yang saya sampaikan. Tidur nyenyak sekali,” katanya. 

Mengenai persiapan perayaan hari kemerdekaan 17 Agustus 2024, Presiden Jokowi menyatakan siap untuk dilaksanakan. 

“Acara tujuh belasan hampir final. Tadi cek satu persatu sudah tidak ada masalah. Pembangunan pertengahan Juni sudah siap dan akan mulai persiapan,” beber Presiden Jokowi. 

Saat ditanya mengenai pembangunan Ibu Kota Negara tahap I, Presiden Jokowi juga membeberkan sudah sampai 80 persen.

“Interior dan eksterior kita sudah lihat, bisa selesai. Sangat optimis. Airnya Juli. Air sudah kita resmikan kemarin di Bendungan Sepaku Sempo. Tinggal tunggu pompa saja untuk naikkan air. Nanti dialirkan ke IKN dan rumah-rumah,” ujar Jokowi. 

Menjawab Kenapa Mundur

Soal mundurnya Bambang Susantono dan Dhony Rahajoe dari jabatan Kepala dan Wakil Otorita Ibu Kota Nusantara atau OIKN, Presiden Jokowi memberikan komentarnya. 

“Ditanyakan ke Pak Bambang, mundur karena masalah pribadi. Untuk Pak Bambang Susantono juga akan kita berikan penugasan baru sebagai utusan khusus untuk kerjasama internasional dalam rangka mempercepat pembangunan IKN,” bebernya. 

Baca Juga:   Tinjau IKN Nusantara, Kasad Dapat Gelar Adat Kakah Demong Agung Bela Negara

Kemudian saat wartawan ada yang bertanya, penugasan untuk Dhony Rahajoe seperti apa? “Pak Dhony belum,” ungkap Jokowi. 

Mundurnya Bambang Susantono dan Dhony Rahajoe dari pucuk pimpinan OIKN tentu saja tidak berpengaruh terhadap kelanjutan Ibu Kota Nusantara. 

“Tidak ada masalah dari sisi investor, tidak ada,” kata Jokowi. (*)