News google
Titiknol IKN

Jelang Upacara HUT RI Ke-79, Menteri PUPR Basuki Beberkan Perkembangan Pembangunan IKN

×

Jelang Upacara HUT RI Ke-79, Menteri PUPR Basuki Beberkan Perkembangan Pembangunan IKN

Sebarkan artikel ini

progres pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara saat ini atau dua bulan sebelum HUT RI ke-79 pada 17 Agustus mendatang

Pembangunan IKN Nusantara di Kaltim (Instagram @kemenpupr)

TITIKNOL.ID – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengungkapkan progres pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara saat ini atau dua bulan sebelum HUT RI ke-79 pada 17 Agustus mendatang.

Progres pembangunan infrastruktur jalan di antaranya jalan tol IKN di ruas 5A mencapai 85 persen dan di ruas 3B sebesar 83 persen, serta jalan akses bandara 18 persen.

“Jalan Sumbu Kebangsaan Sisi Barat 14 persen, dan Jalan Sumbu Kebangsaan Sisi Barat 10 persen,” kata Basuki dalam Rapat Kerja dengan Komisi V DPR, Rabu (6/6/2024).

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyebut Istana Negara dan lapangan upacara di IKN pembangunannya sudah mencapai 69 persen sebulan jelang HUT RI ke-79. (biro pers sekretariat presiden)

Selanjutnya progres pembangunan infrastruktur pemukiman, di antaranya gedung Istana Negara dan lapangan upacara 69 persen, kantor kementerian koordinator 64 persen.

Kemudian infrastruktur perumahan di antaranya rumah tapak menteri 91 persen dan hunian Polri dan BIN 58 persen, hunian Aparatur Sipil Negara (ASN) 53 persen, dan hunian pasukan pengaman presiden (Paspampres) 48 persen.

“Hunian ASN, Polri, BIN, dan Paspampres ini total 47 tower dan sekarang ini yang sudah topping off 11 tower, dan nanti di Agustus, insyaallah 12 sudah bisa operasi,” katanya.

Berdasarkan paparan Basuki, anggaran infrastruktur dasar di IKN pada 2024 mencapai Rp37,4 triliun.

Anggaran tersebut terbagi untuk sumber daya air sebesar Rp1,57 triliun, bina marga sebesar Rp17,56 triliun, cipta karya sebesar Rp11,42 triliun, dan perumahan Rp6,86 triliun. (*)