Nasional

Daftar 6 Parpol Sudah Dukung Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak Maju Pilgub Jatim

×

Daftar 6 Parpol Sudah Dukung Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak Maju Pilgub Jatim

Sebarkan artikel ini

Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak terus mendapat dukungan sejumlah partai politik

Khofifah dan Emil terus dapat dukungan partai untuk maju di Pulgub Jawa Timur. (HO/Istimewa)

TITIKNOL.ID – Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak terus mendapat dukungan sejumlah partai politik untuk maju dalam Pilgub Jatim 2024.

Tercatat, sudah ada enam partai yang sudah menyatakan dukungannya untuk Khofifah-Emil.

Dirangkum dari berbagai sumber parpol yang pertama resmi mengusung Khofifah yakni Demokrat.

Langkah serupa kemudian juga diikuti oleh Golkar, Perindo, PAN hingga PSI.

Terbaru, Gerindra juga secara resmi menyatakan dukungan untuk pasangan Khofifah-Emil Dardak.

Berikut ini daftar pernyataan resmi dukungan parpol untuk Khofifah-Emil Dardak:

  1. Demokrat
    Demokrat resmi memberikan rekomendasi kepada Khofifah-Emil Dardak di Pilgub Jatim 2024 pada tahun lalu. Rekomendasi diberikan langsung oleh Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) kepada Khofifah dalam acara Konsolidasi Pemenangan Partai Demokrat Dalam Pemilu 2024 dengan tema ‘Jatim Biru Indonesia Maju’ di Ballroom Hotel Westin Surabaya, Selasa (12/12/2023) malam.

“Demokrat memutuskan bahwa untuk Pemilihan Gubernur Provinsi Jawa Timur periode 2024-2029, Partai Demokrat merekomendasikan Ibu Khofifah Indar Parawansa sebagai calon gubernur dan Pak Emil Elestianto Dardak sebagai calon wakil gubernur,” kata AHY dalam sambutannya.

  1. Golkar
    Langkah serupa juga diambil oleh Partai Golkar. Golkar resmi akan mengusung Khofifah Mei 2024. Rekomendasi itu diumumkan langsung oleh Ketua Umum (Ketum) Golkar Airlangga Hartarto.

“Kita mengapit yang akan punya hajat yaitu Ibu Khofifah Indar Parawansa dan Mas Emil Dardak. Dan tadi dalam pertemuan silaturahmi dan badan pemenangan pemilu Partai Golkar kita sudah mengeluarkan surat keputusan untuk mengusung Ibu Khofifah dan Mas Emil sebagai calon gubernur Jawa Timur dan wakil gubernur,” kata Airlangga di kediaman dinasnya di Jalan Widya Chandra III, Jakarta Selatan, Jumat (17/5/2024).

  1. Perindo
    Partai Perindo juga sudah resmi mendukung Khofifah-Emil Dardak sebagai cagub-cawagub Jatim 2024. Deklarasi dilakukan di kantor DPP Perindo, Jl Diponegoro, Jakarta Pusat, 22 Mei 2024 lalu. Ketum Hary Tanoe menyatakan masyarakat puas dengan kinerja pasangan inkumben Jatim itu.
Baca Juga:   Gempabumi Mag 6.0 Guncang Tuban, 2 Rumah dan 1 Sekolah Dilaporkan Rusak

“Yang menjadi pertimbangan pertama adalah selama Bu Khofifah dan Mas Emil menjabat, terakhir dua bulan lalu itu sudah kita lihat Jatim sangat maju,” kata Hary Tanoe.

  1. PSI
    Selanjutnya ada PSI. Partai yang dipimpin Kaesang Pangarep putra Jokowi itu telah menyerahkan surat rekomendasi ke Khofifah dan Emil, di markas PSI, Jl Wahid Hasyim, Jakarta Pusat, Selasa (4/6/2024). Kaesang berharap pasangan petahana itu bisa menjalankan program pemerintahan transisi Presiden Jokowi ke presiden terpilih Prabowo Subianto.

“Baru saja kami menyerahkan surat rekomendasi kami kepada Ibu Khofifah dan Pak Emil untuk Pilgub di Jatim,” kat Kaesang pada waktu itu.

  1. PAN
    PAN juga sudah menyatakan dukngan untuk pasangan Khofifah-Emil Dardak. Surat resmi partai berlambang matahari putih ini sudah diserahkan ke yang bersangkutan oleh Ketum PAN Zulkifli Hasan di markas PAN di Jakarta, Senin (3/6) lalu.

“Kami tahu betul bagaimana pesat pembangunan di Jawa Timur antara Bu Khofifah dan Mas Emil luar biasa,” kata Zulhas saat itu.

  1. Gerindra
    Kemudian ada Gerindra yang mengikuti jejak lima parpol sebelumnya. Gerindra resmi memberikan rekomendasi untuk Khofifah-Emil Dardak. Ketua Umum Prabowo Subianto memberikan rekomendasi itu langsung ke Khofifah, di kediaman Prabowo, Jl Kertanegara, Jakarta Selatan.

“Kami dari Partai Gerindra memutuskan untuk mengusung mencalonkan dan mendukung Ibu Khofifah dan Pak Eml Dardak sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur untuk periode lima tahun yang akan datang dalma pemilihan bulan November tahun ini,” kata Prabowo di kediamannya di Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, Jumat (7/6/2024). (*)