News google
Penajam

Kadispusip PPU Harap Penilaian dari DPK Kaltim bisa Naik Tahun Ini

×

Kadispusip PPU Harap Penilaian dari DPK Kaltim bisa Naik Tahun Ini

Sebarkan artikel ini

KUNJUNGAN – Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kaltim M Syafranuddin saat melakukan kunjungan dan diterima Kepala dan Sekretaris Dispusip PPU, Muhammad Yusuf Basra dan Aswar Bakri. TITIKNOL.ID

“Pemkab PPU kan menerapkan e office dan bukan srikandi untuk SPBE, padahal ini kan termasuk yang dinilai,”

TITIKNOL.ID,PENAJAM – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (DPK) Kaltim melakukan audit di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Penajam Paser Utara (PPU), Selasa (11/6/2024).

Kunjungan ini dipimpin Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kaltim M Syafranuddin dan diterima Kepala dan Sekretaris Dispusip PPU, Muhammad Yusuf Basra dan Aswar Bakri.

Yusuf Basra menjelaskan, kunjungan ini untuk melakukan evaluasi dan audit tiga faktor penilaian.

Ketiga faktor penilaian yakni aplikasi Srikandi dalam melakukan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE),kemudian depot arsip dan arsiparis masing-masing OPD.

Untuk SPBE lanjutnya, Pemkab PPU masih menggunakan e-office sehingga salah satu kendala untuk menaikkan nilai Dispusip PPU.

“Pemkab PPU kan menerapkan e office dan bukan srikandi untuk SPBE, padahal ini kan termasuk yang dinilai,” katanya.

Selain itu, penyediaan depot arsip di PPU juga belum tersedia. Padahal depot ini merupakan tempat untuk menyimpan arsip seluruh OPD yang ada di PPU.

Sedangkan untuk arsiparis kata Yusuf Basra, seharusnya masing-masing pimpinan OPD mengangkat seorang staf untuk menjadi arsiparis yang bertugas khusus untuk mengurusi dokumen atau arsip di OPD masing-masing.

“Masih banyak OPD yang belum mengangkat arsiparis sesuai dengan hasil audit dari DPK Kaltim. Tapi ini akan kami lengkapi,” ujarnya.

Ia mengatakan, audit ini sebagai Langkah awal untuk mendapatkan nilai karena selama ini nilai Dispusip PPU cukup rendah.

“Yang jelas nilai kita rendah lah, makanya kami upayakan bisa naik nanti dari hasil penilaian dari DPK Kaltim, katanya. (Advertorial)