News google
Samarinda

Pj Gubernur Akmal Malik Dukung Pertanian pada Area Eks Tambang di Kaltim, Tawarkan ke Mahasiswa

×

Pj Gubernur Akmal Malik Dukung Pertanian pada Area Eks Tambang di Kaltim, Tawarkan ke Mahasiswa

Sebarkan artikel ini
LAHAN EKS TAMBANG - Penjabat Gubernur Kalimantan Timur Akmal Malik melakukan Panen Awal Plot Percontohan Tanaman Organik di Politeknik Pertanian (Politani) Negeri Samarinda, Provinsi Kalimantan Timur pada Rabu (12/6/2024). (Humas Pemprov Kaltim)

“Untuk tantangan kedua, saya ingin mahasiswa mahasiswi bertani di lahan eks tambang. Kita cari lahannya, kalau sudah siap, bulan September nanti kita mulai.”

TITIKNOL.ID, SAMARINDA – Penjabat Gubernur Kalimantan Timur Akmal Malik melakukan Panen Awal Plot Percontohan Tanaman Organik di Politeknik Pertanian (Politani) Negeri Samarinda, Provinsi Kalimantan Timur pada Rabu (12/6/2024).

Dalam panen awal tanaman organik ini, Pj Gubernur Kalimantan Timur, Akmal Malik didampingi Direktur Politani Samarinda Hamka, Kepala Dinas PTPH Kaltim Siti Farisya Yana.

Tidak ketinggalan juga ada Kepala Biro Adpim Syarifah Alawaiyah, perwakilan Brida Kaltim, Wakil Direktur II Polnes Karyo Budi Utomo, Lurah Gunung Panjang Laily Hidayati, beserta jajaran Politani Samarinda.

Pj Gubernur Akmal Malik, mengungkapkan Kalimantan Timur sudah diberikan sumber daya alam didukung sumber daya manusia yang bagus.

Namun persoalannya belum ada orkestrasi dan sinergi dari segala potensi pertanian di Kalimantan Timur.

“Namun saat ini ada tidak orkestrasinya, ada tidak langkah-langkah riilnya untuk bergerak,” kata Akmal Malik melalui press rilis dari Humas Pemprov Kaltim yang dikutip oleh Titiknol.id.

Perencanaan terbaik itu adalah dilaksanakan. “Tanam saja, pastikan kita semua bekerja,” tegas Akmal Malik.

Dalam kesempatannya, Pj Gubernur Kaltim, Akmal Malik juga memanen tomat, terong dan cabai, serta menanam bibit pohon Durian Musang King di plot percontohan tanaman organik Politani Samarinda.

Pada kesempatan ini Pj Gubernur Akmal Malik menantang Direktur Politani Samarinda bersama mahasiswa mahasiswi untuk bertani di lahan eks tambang batubara.

Dengan memanfaatkan lahan eks tambang untuk pertanian dalam arti luas.

“Tantangan pertama saya berikan kepada Direktur Politani Samarinda tiga bulan lalu, dan sekarang sudah dilaksanakan, sudah dipanen. Bagus,” tegas Akmal Malik.

Baca Juga:   Komisi III: Jangan Patahkan Spirit Pemkot Atasi Banjir Samarinda

“Untuk tantangan kedua, saya ingin mahasiswa mahasiswi bertani di lahan eks tambang. Kita cari lahannya, kalau sudah siap, bulan September nanti kita mulai,” ucap Akmal Malik.

“Harus dimulai dari kita, mahasiswa Politani sebagai kader-kader pertanian di Kaltim. Bertanilah dengan cara yang cerdas, bertanilah dengan memanfaatkan teknologi pertanian modern,” pungkas Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri ini. (*)