HeadlinePenajam

Syahruddin Resmi Jabat Ketua DPRD , Plt Bupati PPU Harap Bisa Saling Mendukung

×

Syahruddin Resmi Jabat Ketua DPRD , Plt Bupati PPU Harap Bisa Saling Mendukung

Sebarkan artikel ini

TITITNOL.ID,PENAJAM– Mantan Ketua DPC Partai Demokrat, Syahruddin M Noor resmi menjabat Ketua DPRD Penajam Paser Utara. Ia resmi menggantikan posisi Jon Kenedy sebagai orang nomor satu di lembaga legislatif tersebut.

Pelantikan yang digelar pada Senin, (4/6/2022) pagi juga dihadiri Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Hamdam.
Syahruddin M Noor yang merupakan Ketua Fraksi Partai Demokrat PPU itu pada pergantian antar waktu ini dilakukan setelah Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) mengeluarkan Surat Keputusan (SK) pengangkatan dan pemberhentian ketua DPRD PPU sebelum pelantikan ini.

Plt Bupati PPU, Hamdam mengatakan bahwa pelantikan ini merupakan hal bersejarah dalam kehidupan berdemokrasi yakni prosesi pengucapan sumpah /janji Ketua DPRD PPU sisa masa Jabatan 2019-2024.
“Maka Ketua DPRD Kabupaten PPU secara institusional sudah dapat menjalankan fungsi dan peranannya sesuai Peraturan Perundang-undangan yang berlaku.

Pelantikan Ketua DPRD

Untuk itu, keberadaannya diharapkan dapat selalu bersinergi dengan Pemerintah daerah dalam penetapan kebijakan daerah, “kata Hamdam. Ia mengaku, DPRD merupakan salah satu unsur lembaga Pemerintahan Daerah, sehingga memiliki kedudukan setara dan memiliki hubungan kerja bersifat kemitraan dengan Pemerintah Daerah.

Kedudukan yang setara bermakna bahwa antara lembaga Pemerintahan Daerah memiliki kedudukan yang sama dan sejajar, sedangkan, hubungan kemitraan bermakna, antara Pemerintah Daerah dan DPRD adalah sama-sama mitra kerja dalam membuat kebijakan daerah untuk melaksanakan otonomi daerah sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing.

Kedudukan dan fungsi yang seimbang antara pemerintah daerah dan DPRD dimaksudkan agar hubungan Pemerintah Daerah dan DPRD bisa berjalan secara serasi, sinergis dan saling mendukung serta tidak saling mendominasi satu sama lain.

Dengan pola keseimbangan seperti ini, maka pengelolaan Pemerintahan Daerah yang dilakukan akan dapat memberikan manfaat secara signifikan bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Baca Juga:   Plt Bupati Hamdam Sebut AKBP Hendrik Hermawan Banyak Bantu Tangani Covid-19

“ Mengingat pentingnya jalinan hubungan kerja sama dan kemitraan antara DPRD dan Pemerintah Daerah ini lah, maka tentu kita berharap keharmonisan hubungan antara DPRD Kabupaten Penajam Paser Utara dengan Pemerintah Daerah yang telah terjalin selama ini, bisa terus terjaga bahkan terus ditingkatkan dalam upaya kita bersama membangun Kabupaten Penajam Paser Utara yang maju dan sejahtera, “ujarnya..

Pelantikan Ketua DPRD

Disisi lain tambah Hamdam, bahwa sesuai dengan pengalaman, bahwa dalam praktek berpemerintahan tidak selamanya dapat berjalan mulus.
Dalam kenyataanya, ada saja masalah atau persoalan yang terkadang memerlukan perhatian dan kerja keras semua.


Untuk itu, dirinya berharap agar terjalin kerjasama dan sinergitas antara Pemerintah Daerah dengan DPRD dalam mencari solusi pemecahan masalah yang terjadi disekitar.

“Saya yakin, dengan kerjasama yang baik diantara eksekutif dan legislatif serta stakeholders yang ada, InsyaAllah tidak ada masalah yang tidak bisa ditangani atau diselesaikan. Selamat bertugas. Semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa senantiasa membimbing dan melindungi kita semua dalam menjalankan amanah dari rakyat, “ tutupnya. (*)