Penajam

PKS Nilai Pendapatan Masyarakat Meningkat Sejak IKN Pindah di PPU

×

PKS Nilai Pendapatan Masyarakat Meningkat Sejak IKN Pindah di PPU

Sebarkan artikel ini

Pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kecamatan Sepaku, Kalimantan Timur sudah mulai dirasakan dampaknya oleh masyaraka

Ketua DPD PKS PPU Wakidi. Ia menilai sejak IKN pendapatan masyarakat meningkat

TITIKNOL.ID,PENAJAM– Pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kecamatan Sepaku, Kalimantan Timur sudah mulai dirasakan dampaknya oleh masyarakat.

Salah satu dampaknya secara ekonomi adalah meningkatkan jumlah pendapatan warung makan dan penginapan khususnya di Kecamatan Sepaku.

Hal ini disampaikan Ketua DPD Partai Keadilan Sejahtera (PKS) PPU, wakidi, Kamis (11/8/2022).

Wakidi mengatakan, sejak pembangunan IKN di Sepaku pendapatan masyarakat juga sudah mulai meningkatkan, khususnya bagi pelaku usaha.

“Sekarang yang ramai itu warung makan dan penginapan. Artinya, dampak IKN ini sudah mulai dirasakan masyarakat,” ujarnya.

Namun demikian, Wakidi juga tetap berharap agar memberdayakan masyarakat lokal khususnya dengan melibatkan mereka dalam pembangunan IKN.

Ia mengaku, saat ini juga masyarakat sebagian sudah dilibatkan dalam pembangunan IKN.

Wakidi menyatakan bahwa sumber daya manusia yang dimiliki warga PPU cukup bagus dan mampu bersaing dengan tenaga kerja luar Kaltim.

Ia menilai bahwa pemerintah pusat juga serius meningkatkan SDM masyarakat lokal. Buktinya,mereka menggelar pelatihan bagi masyarakat.

Anggota DPRD PPU ini menambahkan, selama ini juga dilakukan pelatihan dengan memberikan sertifikasi bagi masyarakat lokal, dengan tujuan nantinya mereka mampu bersaing.

Namun demikian, ia tetap mengingatkan agar tenaga kerja yang mendapatkan upah harus tetap sesuai dengan Upah Minimum Kabupaten yang telah disetujui.

Jangan sampai mereka menerima upah masih di bawah UMK. “Jangan samakan dengan pulau Jawa. Kami minta besaran upah sesuai dengan UMK PPU,” harapnya (*)