TitiknolKaltara

Proses Pidana dan Kode Etik Berjalan pasca Insiden Penembakan Warga di Malinau

×

Proses Pidana dan Kode Etik Berjalan pasca Insiden Penembakan Warga di Malinau

Sebarkan artikel ini

Kabid Propam Polda Kaltara Kombes Pol Teguh Triwantoro (tengah) bersama Dansat Brimob Polda Kaltara Kombes Pol Yohanes Jalung Siram (kanan) dan Kapolres Malinau AKBP Andreas Deddy Wijaya (kiri) di Mapolres Malinau. HO/POLDA KALTARA

TITIKNOL.ID – Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Malinau AKBP Andreas Deddy Wijaya memastikan pastikan Brigadir W diproses hukum secara transparan. Ada dua bentuk penanganan proses hukum yang dijalani yakni tindak pidana dan kode etik profesi (KEP). 

Hal tersebut disampaikan AKBP Andreas Senin (6/2/2023) terkait kejadian tertembaknya warga Desa Kaliamok LH (25) Kecamatan Malinau Kota, Kabupaten Malinau oleh Brigadir W personel Intel Resmob Kompi 4 Yon A Pelopor Polda Kaltara pada Minggu (5/2/2023) dini hari saat akan mengungkap transaksi peredaran narkoba jenis sabu. 

“Kami dari pihak kepolisian serius dalam menangani permasalahan ini. Hal tersebut juga penekanan Bapak Kapolda Kaltara. Jadi mari kita kawal bersama kasus ini dan penangganan akan dilakukan secara transparan,” ujar Andreas lewat keterangan resmi yang disiarkan Kabid Humas Polda Kaltara Kombes Pol Budi Rachmat.   

Dia menegaskan menegaskan bahwa Brigadir W saat ini menjalani pemeriksaan oleh Bid Propam untuk diberikan sanksi tegas sesuai aturan yang berlaku. 

“Penanganan kasus ini sudah kita lakukan dan penanganannya ada dua yaitu, pidananya ditangani oleh Polres Malinau dan kasus KEPP (Kode Etik Profesi Polri) ditangani oleh Propam Polda. Saat ini juga Brigadir W sudah dilakukan pemeriksaan dan penyelidikan lebih lanjut di Mako Polda Kaltara,” tegasnya.

Adanya kasus ini, Kapolres Malinau mengimbau masyarakat Kabupaten Malinau untuk bersama menjaga kondusifitas yang mana sudah terkenal dari dulu aman dan damai. 

“Mari kita jaga bersama kondusifitas Malinau ini. Kami juga meminta masyarakat tidak terprovokasi informasi yang tidak benar. Secara pribadi saya juga menyampaikan rasa duka saya kepada keluarga korban,” pungkasnya.

Baca Juga:   Dermaga di Bunyu Kaltara Ambruk, Penumpang Tercebur ke Laut

Saat ini juga, Kepala Bidang Profesi dan Pengamanan (Kabid Propam) Polda Kaltara Kombes Pol Teguh Triwantoro bersama Komandan Satuan (Dansat) Brimob Polda Kaltara Kombes Pol Yohanes Jalung Siram melakukan investigasi di Polres Malinau sebagai wujud keseriusan penanganan kasus tersebut. (tri/red)