Advertorial

Hadiah untuk Masyarakat, Andi Harun Resmikan Puskesmas Juanda

×

Hadiah untuk Masyarakat, Andi Harun Resmikan Puskesmas Juanda

Sebarkan artikel ini

Walikota Samarinda, Andi Harun membubuhkan parah di prasasti peresmian operasional gedung Puskesmas Juanda. HO

TITIKNOL.ID, SAMARINDA – Walikota Samarinda, Andi Harun meresmikan operasional gedung Puskesmas Juanda yang telah direvitalisasi pada tahun 2022, Selasa (7/2/2023).

Peresmian bangunan baru fasilitas kesehatan yang terletak di Jalan Juanda 8 ini ditandai dengan pemotongan pita oleh Walikota.

“Semua ini kita persembahkan buat masyarakat dan menambah manfaat kepada masyarakat,” kata Andi Harun. 

Ia menegaskan, puskesmas adalah garda terdepan dalam mewujudkan sumber daya manusia yang sehat sekaligus fasilitas kesehatan yang paling dekat dengan masyarakat. Revitalisasi puskesmas di seluruh Kecamatan di Samarinda adalah salah satu upaya pemerintahan dalam pemerataan pelayanan publik.

Pelayanan di seluruh puskesmas harus ramah difabel. Oleh karena itu, tiap fasilitas kesehatan berlantai dua, diharuskan untuk menggunakan lift. Dengan demikian, pelayanan kesehatan di Samarinda bakal lebih mempermudah masyarakat, termasuk dengan pelayanan secara digital.

“Jika ada tempatnya, ajukan tahun ini dan akan segera saya bangunkan lift,” tegas Andi Harun.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Samarinda, Ismed Kusasih turut mengucapkan rasa terima kasih kepada Walikota, termasuk semua pihak yang terlibat mendukung revitalisasi total gedung Puskesmas Juanda sehingga dapat terselesaikan tepat waktu yaitu Desember 2022.

“Hal ini bagian dari komitmen meningkatkan pelayanan publik,” kata Ismed. 

Ismed sampaikan bahwa revitalisasi gedung Puskesmas ini menghabiskan anggaran Rp8 miliar dari APBD Samarinda 2022.

Puskesmas Juanda kembali beroperasi sejak Januari 2023. Puskesmas Juanda juga pada 2019 mendapatkan standarisasi Madya dan sampai akhir tahun ini akan dilakukan penilaian standarisasi lanjutan.

“Harapannya Puskesmas Juanda akan menjadi percontohan Puskesmas lainnya,” pungkas Ismed. (dsk/red/adv)