Advertorial

Walikota Andi Harun Bertemu Mendagri Bahas Samarinda Penyangga IKN

×

Walikota Andi Harun Bertemu Mendagri Bahas Samarinda Penyangga IKN

Sebarkan artikel ini

Walikota Samarinda, Andi Harun. HO

TITIKNOL.ID, SAMARINDA – Walikota Samarinda Andi Harun bakal bertemu dengan Mendagri untuk mendiskusikan usulan Samarinda sebagai daerah penyangga Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. 

Hal tersebut disampaikan Andi Harun setelah melaksanakan rapat bersama Kepala Bappedalitbang Samarinda, Ananta Fathurrozi di Balai Kota, Selasa (14/2/2023).

“Kita harus memiliki usulan sebelum bertemu dengan nasional,” ungkap Andi Harun. 

Salah dua usulan yang akan dibawa orang nomor satu di Samarinda ini terkait dengan wacana pusat pengembangan energi terbarukan dan Kota Palaran sebagai Kota Satelit.

Andi Harun menyebut usulan yang dibahas tentang perubahan Kota Samarinda akan memakai gasifikasi, harapannya seluruh pelayanan energi gas rumah tangga, usaha, restoran tidak bertumpu pada gas LPG dan diubah menjadi stasiun-stasiun pengisian gas.

“Rencana pengoperasiannya akan sama seperti PDAM, Hal ini sebagai bentuk pengokohan Kota Samarinda sebagai kawasan penyokong IKN,” ujarnya.

Hal itu juga sekaligus mitigasi dan adaptasi perubahan iklim agar tidak bergantung pada tenaga fosil sebagaimana dukungan pemkot terhadap pengembangan kendaraan listrik untuk meminimalisir emisi karbon di Kota Samarinda.

“Jumlah pemakaian kita seluruh dunia sudah mencapai 3.000-4.000 giga ton per tahun,” tambahnya.

Ia mengatakan bahwa jika semua kendaraan sudah fokus pada tenaga listrik, maka akan mengurangi emosi karbon, begitupun Samarinda dengan metode gasifikasi akan mengurangi emisi gas. Perihal keamanan, Pemkot akan menseriusi dengan memberikan kepada tenaga ahli.

“Di Makroman sudah ada gasifikasi, saya yakin keamanan pasti sangat diperhatikan,” pungkasnya. (dsk/red/adv)