Penajam

Ketua DPRD PPU Minta TPA Sampah Dibangun Tiap Kecamatan

×

Ketua DPRD PPU Minta TPA Sampah Dibangun Tiap Kecamatan

Sebarkan artikel ini

Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) diminta untuk membangun lagi Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah

Ketua DPRD PPU, Syahrudin M Noor mendorong agar dibangun TPA di Kecamatan Waru dan Babulu. TITIKNOL.ID

TITIKNOL.ID,PENAJAM – Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) diminta untuk membangun lagi Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah.

Karena selama ini Pemkab PPU baru memiliki TPA Buluminung, Kecamatan Penajam untuk menampung sampah dari empat kecamatan.

Ketua DPRD PPU, Syahrudin M Noor mendorong agar dibangun TPA di Kecamatan Waru dan Babulu.

Karena menurutnya, TPA sampah seharusnya disiapkan setiap kecamatan, agar lebih memudahkan mobilisasi sampah ke TPA yang disiapkan masing-masing kecamatan.

Ia mengatakan Kecamatan Waru dan Kecamatan Babulu memerlukan pembangunan TPA, karena sampah rumah tangga di kedua kecamatan terkadang terjadi penumpukan.

Selain armada pengangkutan sampah milik Dinas Lingkungan Hidup (DLH) PPU yang terbatas, jarak kedua kecamatan ke TPA Buluminung cukup jauh, sehingga sampah di Tempat Pembuangan Sementara (TPS) terjadi penumpukan.

“Waru dan Babulu memerlukan TPA. Pemerintah daerah harus membangun TPA, karena DLH PPU memiliki semangat yang luar biasa untuk mewujudkan TPA di setiap kecamatan,” tuturnya.

Pemerintah daerah harus menyiapkan tata kelola dan fasilitas pembuangan sampah dalam rangka menyongsong Ibu Kota Negara (IKN) Sepaku.

“Ke depan akan kesulitan apabila jumlah penduduk semakin bertambah dengan adanya IKN dan sampah yang dihasilkan rumah tangga juga akan meningkat. Jadi, harus disiapkan sejak dini TPA dan tata kelola persampahan ini,” harapnya (ADV/DPRDPPU)