Sekprov Minta ASN Kembangkan Dua Hal Ini

Sekprov Kaltara, H. Suriansyah. DKISP

TITIKNOL.ID, TANJUNG SELOR – Sekprov Kaltara H. Suriansyah meminta ASN Pemprov Kaltara untuk memiliki dua hal yakni potensi dan kompetensi.

Suriansyah mengatakan potensi adalah kemampuan dan kekuatan seseorang baik secara fisik maupun mental bisa berkembang saat adanya pelatihan yang baik.

“Sedangkan kompetensi itu ada tiga hal di dalamnya yakni pengetahuan, keterampilan, dan sikap atau attitude. Ini yang penting dimiliki oleh setiap ASN,” tutur Suriansyah, Selasa (11/7/2023).

Dari dua hal tersebut terdapat dua hal lagi yakni hard skill dan soft skill. Pengetahuan dan keterampilan sangat erat kaitannya dengan hard skill sedangkan yang berkaitan dengan soft skill adalah sikap.

“Jadi keduanya harus seimbang antara otak kanan dan otak kiri. Soalnya ada orang yang punya pengetahuan dan keterampilan tapi sikapnya tidak bagus. Ada juga orang sikapnya yang baik tapi pengetahuannya yang kurang,” jelasnya.

Dia menjelaskan kebersihan seseorang biasanya karena memiliki soft skill yang baik, bukan dari hard skill-nya. Untuk itu semua ASN harus memiliki keduanya sehingga seimbang. (dkisp/red/adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *