Hari Pramuka ke-62, Wagub: Terus Berkembang dan Maju

TITIKNOL.ID, TANJUNG SELOR –  Wakil Gubernur (Wagub) Dr. Yansen TP, M.Si., selaku Wakil Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Mabida) Gerakan Pramuka Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) memimpin Upacara Hari Pramuka ke-63 tahun 2023 tingkat Kwartir Daerah di Lapangan Agatis Tanjung Selor, Kabupaten Bulungan, Rabu (30/8/2023).

Dalam peringatan Hari Pramuka ke-62 tema yang diusung adalah “Wujudkan Sumber Daya Manusia yang Profesional dan Berwawasan Kebangsaan”.

Berbagai perwakilan anggota dan pengurus Pramuka dari wilayah Kaltara, mulai dari tingkat Penggalang, Penegak, hingga Pandega, turut hadir dalam kegiatan tersebut. Selain itu, Sekretaris Provinsi (Sekprov) Dr. H. Suriansyah, M.AP juga hadir sebagai Ketua Kwartir Daerah Provinsi Kaltara, dan menerima penghargaan Lencana Melati.

“Gerakan Pramuka harus terus berkembang dan maju, serta berperan dalam mendukung masyarakat, program pemerintahan, dan pendidikan non formal untuk membentuk karakter individu,” ucap Wagub Yansen TP.

Wagub Yansen memberikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada para orang tua yang telah mempercayakan anak-anaknya untuk mendapatkan pendidikan dalam Gerakan Pramuka. Ia juga mengapresiasi dukungan yang diberikan oleh masyarakat dalam mendukung pendidikan Gerakan Pramuka.

Yansen menggarisbawahi pentingnya wawasan kebangsaan melalui kepanduan Pramuka. Nilai-nilai kebangsaan perlu dijaga agar tidak luntur, dengan menanamkan semangat nasionalisme, cinta tanah air, dan semangat bela negara. Mengingat tahun politik yang akan datang, ia menekankan bahwa persatuan dan kesatuan dalam Gerakan Pramuka harus tetap kuat dan menjadi contoh dalam merajut persatuan di tengah masyarakat.

“Kita jadikan pramuka ini sarana yang baik untuk membentuk mental, moral, spiritual, intelektual, dan emosional generasi muda kedepan. Tantangan yang kita hadapi adalah bahwa generasi yang akan datang dihadapkan pada kompleksitas yang tinggi,” ujarnya.

Baca Juga:   TOP! Pemprov Kaltara Raih Opini WTP BPK Sembilan Kali Beruntun

Kondisi saat ini, jumlah para pembina Pramuka dan pelatih pembina Pramuka jumlahnya masih sangat terbatas, oleh sebab itu peningkatan jumlah dan kualitas pembina serta pelatih pembina Pramuka harus dapat terus ditingkatkan. 

Hal ini juga menjadi fokus perhatian dari Kwartir Nasional, dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas gugus depan Pramuka di berbagai lokasi. Harapannya adalah agar setiap Kawartir di berbagai tingkatan dapat turut serta dalam membantu meningkatkan kualitas gugus depan di wilayahnya masing-masing.

“Kita memberi perhatian yang serius karena tantangan yang dihadapi ke depan dapat merusak masa depan generasi kita. Namun, jika kita secara bersama-sama menyadari betapa pentingnya pembentukan karakter, mental, moral, serta sikap generasi muda kita hari ini, saya yakin Kalimantan Utara akan menjadi daerah yang kuat, maju, dan menjadi pilar negara kita di wilayah perbatasan,” pungkas Wagub Yansen. (dkisp/red/adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *