Songsong Nataru dan Pemilu 2024, Polda Kaltara Gelar Operasi Zebra Kayan 2023

Kapolda Kaltara Irjen Pol. Daniel Adityajaya bersama Sekprov Kaltara Suriansyah di Mapolda Kaltara usai apel Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Kayan 2023, Senin (4/9/2023). HO-POLDA KALTARA

TITIKNOL.ID, TANJUNG SELOR – Kepolisian Daerah Kalimantan Utara menggelar Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Kayan 2023 di Mapolda Kaltara, Senin (4/9/2023).

Apel dipimpin oleh Kapolda Irjen Pol. Daniel Adityajaya dihadiri sejumlah pejabat daerah.

Operasi Zebra Kayan 2023 adalah bagian langkah kepolisian di Kalimantan Utara menyongsong pengamanan Natal dan Tahun Baru (Nataru) serta Pemilu 2024. Operasi ini menitikberatkan fungsi Lalu Lintas yang dirajut dalam tema “Kamseltibcar Lantas yang Kondusif Menuju Pemilu Damai 2024”.

“Operasi ini dimaksudkan untuk meningkatkan kesadaran, disiplin dan kepatuhan hukum masyarakat dalam berlalu lintas agar dapat menekan angka pelanggaran, kecelakaan dan fatalitas korban kecelakaan lalu lintas,” tutur Kapolda.

Operasi Zebra Kayan 2023 diharapkan memberi dampak nyata terhadap perilaku dan kesadaran masyarakat dalam berkendara sebagaimana amanat Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas, dapat terwujud.

Dalam amanatnya Kapolda juga menekankan kepada seluruh personel yang terlibat operasi agar melaksanakan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab, mengedepankan sikap humanis, senantiasa menjaga kesehatan, meningkatkan kewaspadaan dan mengutamakan keselamatan.

Jalannya Operasi

Dalam rangka meningkatkan pelayanan, serta mewujudkan sinergitas dengan masyarakat, Direktorat Lalu Lintas Polda Kalimantan Utara melaksanakan patroli dan imbauan Kamseltibcar dalam rangka Operasi Zebra Kayan 2023, Jumat (8/9/2023).

Dalam kegiatan tersebut personel Direktorat Lalu Lintas Polda Kalimantan Utara mendapati seorang pengendara sepeda motor yang terpantau tidak menggunakan helm.

Anggota langsung melakukan pemeriksaan surat-surat kendaraan dan mengarahkan pengendara menggunakan helm dan memberikan imbauan Kamseltibcar Lantas.

Dirlantas Polda KAlimantan Utara Kombes Pol I Made Kusuma Jaya mengatakan, kegiatan digelar dalam rangka Operasi Zebra Kayan 2023 untuk memberikan imbauan edukatif dan persuasif terhadap pengguna jalan.

Baca Juga:   PTA Kaltara Operasional 2024, bakal Hadir Juga di Tana Tidung dan Malinau

“Demi keamanan dan keselamatan bersama, kami Direktorat Lalu Lintas Polda melakukan pengawasan terhadap pengemudi kendaraan baik sepeda motor maupun mobil yang melintas di jalan,” ucapnya.

Menurut Dirlantas, operasi ini untuk mencegah dan memperkecil peluang terjadinya pelanggaran yang dapat menimbulkan kecelakaan lalu lintas.

Ia berharap masyarakat pengguna jalan meningkatkan kedisiplinan berlalu lintas untuk menciptakan Kamseltibcar Lantas. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *