Kini Produksi Air Bersih PDAM PPU 110 Liter Per Detik, Tapi Masih Lakukan penggiliran Distribusi

Perumda Air Minum Danum Taka Penajam Paser Utara kembali memproduksi air bersih 110 liter perdetik

Kondisi air baku Perumda Danum Taka di Lawe-Lawe sudah kembali normal. Kini produksi air bersih kembali normal 110 liter per detik. TITIKNOL.ID/HO/BPBD PPU

TITIKNOL.ID,PENAJAM – Perumda Air Minum Danum Taka Penajam Paser Utara kembali memproduksi air bersih 110 liter perdetik.

Peningkatan produksi air bersih ini setelah debir air di Instalasi Pengolahan Air (IPA) Lawe-Lawe mengalami meningkatan pasca hujan selama tiga hari.

Direktur Perumda Air Minum Danum Taka, Abdul Rasyid, Jumat (20/10) menjelaskan, sebelumnya debit air di IPA Lawe-Lawe sempat turun hingga 30 persen akibat musim kemarau.

“Distribusi air bersih sempat kami kurangi karena alasan debit air baku berkurang. Makanya produksi juga kami kurangi” katanya.

Meski debit air sudah normal lanjutnya, namun pihaknya masih melakukan penggiliran distribusi air kepada pelanggan.

Hal ini disebabkan karena pipa distribusi masih ada yang kosong akibat pengurangan distribusi air bersih beberapa waktu lalu.

“Tapi kami targetkan 3 hari ke depan penggiliran distribusi tidak lagi terjadi,”katanya.

Mengenai IPA Waru, Rasyid mengaku sampai sekarang masih aman karena tidak berpengaruh dengan kondisi kemarau beberapa waktu lalu.

“Tapi beda dengan IPA Sotek karena maski sudah diguyur hujan tetap kering. Tapi Dinas PUPR sudah melakukan pendalaman termasuk pelebaran embung yang menjadi sumber air baku,” katanya.

Sedangkan untuk unit Sepaku, ia mengatakan sempat menghentikan pelayanan selama 2 hari, karena kekurangan air baku.

“Kami hentikan selama 2 hari karena debit airnya hanya 10 persen, sehingga tidak bisa maksimal untuk diolah menjadi air bersih,” tegasnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *