Wakil Wali Kota Samarinda Buka FGD Ketahanan Pangan IKN

TITIKNOL.ID, SAMARINDA – Wakil Wali Kota Samarinda Dr. H. Rusmadi membuka Forum Grup Discussion (FGD) guna mendukung ketahanan pangan Ibu Kota Nusantara (IKN) untuk stabilitas pengendalian harga di Hotel Mercure Samarinda, Selasa (21/11).

FGD ini dihadiri oleh perwakilan Bank Indonesia Samarinda, perwakilan Dinas Perdagangan Kota Balikpapan, Dinas Perdagangan Kabupaten Kutai Kertanegara (Kukar), Dinas Perdagangan Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), serta perangkat daerah Kota Samarinda. Narasumber yang hadir adalah Nyi Mas Mirnayanti Jaya Sari dari Perwakilan Bank Indonesia Wilayah Kalimantan Timur dan Marnabas Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Samarinda.

Dalam sambutannya, Wakil Wali Kota Samarinda menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya FGD ini. Ia juga menyampaikan bahwa FGD ini bertujuan untuk membahas ketahanan pangan dan pengendalian inflasi di IKN.

“Forum ini difokuskan untuk membahas ketahanan pangan dan pengendalian inflasi untuk mewujudkan ketahanan pangan di IKN. Oleh karena itu, manfaatkan forum ini untuk merumuskan dan berdiskusi terkait ketahanan pangan dan pengendalian inflasi,” ujar Rusmadi.

Rusmadi juga menambahkan bahwa pemerintah daerah harus bekerja keras untuk mensuplay kebutuhan pangan dalam kemandirian pangan. Selain itu, pengendalian inflasi juga dapat dilakukan dengan pendekatan jangka panjang melalui operasi pasar, pasar murah, dan penguatan kesejahteraan masyarakat.

“Saya berharap hasil diskusi hari ini bisa memberikan rekomendasi yang komprehensif agar Pemerintah Kota Samarinda dapat mengeluarkan regulasi/kebijakan yang tepat. Regulasi tersebut juga sangat penting untuk mengatur persoalan yang kerap terjadi dalam hal penyediaan pangan, mulai dari stabilitas harga, pasokan dan jaringan distribusi, serta penguasaan atas struktur pasar oleh beberapa pedagang,” tutup Rusmadi. (adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *