Sabu 5 Kg Diselundupkan dari Malaysia ke Tarakan, Ditpolair Ringkus Satu Pelaku

TITIKNOL.ID – Direktorat Polisi Perairan dan Udara (Ditpolairud) Polda Kalimantan Utara berhasil menggagalkan upaya penyelundupan narkotika jenis sabu seberat lima kilogram dari Tawau, Malaysia, ke Tarakan, Indonesia.

“Kejahatan narkotika ini terjadi pada Minggu 4 Januari 2023, sekitar pukul 05.30 WITA,” kata Kasubdit Siintelair Ditpolairud Polda Kaltara, AKBP Rizal di Tarakan, Rabu (7/2/2024).

Rizal mengatakan, polisi mendapat informasi dari masyarakat bahwa ada seorang laki-laki yang membawa sabu dari Malaysia menggunakan perahu.

Personel Ditpolair langsung melakukan patroli dan pemantauan di perairan Juata Laut, Kota Tarakan, dan menemukan seorang laki-laki yang mencurigakan dengan membawa karung.

“Kami kemudian melakukan penggeledahan untuk memastikan informasi yang kami terima,” kata dia.

Saat dilakukan pemeriksaan dan penggeledahan, laki-laki berinisial MY membawa karung yang berisi kardus dengan lima bungkus sabu-sabu di dalamnya.

Selain itu, polisi juga menemukan satu bungkus kecil sabu yang disimpan di dalam rokok di tas hitam milik MY.

“Kami langsung mengamankan pelaku MY dan barang bukti ke markas Ditpolairud Polda Kalimantan Utara untuk proses hukum lebih lanjut,” kata Rizal.

Barang bukti yang diamankan dari pelaku antara lain lima bungkus sabu seberat lima kg, satu ponsel, satu tas hitam, satu bungkus kecil sabu, dan satu bungkus rokok.

Rizal mengatakan, pelaku dijerat dengan Pasal 114 ayat (2) atau Pasal 112 ayat (2) Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman hukuman maksimal seumur hidup atau hukuman mati. (*/pol/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *