Mendagri Optimistis HUT RI Tahun Ini Digelar di Ibu Kota Nusantara

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengunjungi 3  lokasi pembangunan di Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara yakni Istana Presiden, Plaza Seremoni (ruang untuk aktivitas publik dan seni budaya) dan rumah tapak menteri

IKN – Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian bersama Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik saat mengunjungi Ibu Kota Nusantara. TITIKNOL.ID/HO

TITIKNOL.ID,PENAJAM – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengunjungi 3  lokasi pembangunan di Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara yakni Istana Presiden, Plaza Seremoni (ruang untuk aktivitas publik dan seni budaya) dan rumah tapak menteri.

Dalam kunjungan, Mendagri banyak mendengarkan penjelasan dari para petugas di lapangan, khususnya terkait pembangunan Istana Negara dan rencana lokasi upacara Hari Kemerdekaan RI, 17 Agustus 2024.

Petugas setempat menjelaskan untuk pekerjaan gedung Istana dan lapangan upacara dikerjakan dengan durasi 632 hari dengan target rampung akhir Juli 2024.  Total nilai proyek dua kegiatan itu adalah Rp1,3 triliun.

“Progres update sampai hari ini realisasi 55,16 persen dari rencana 51,43 persen. Jadi ada deviasi 3,74 persen Pak Menteri,” kata petugas proyek itu.

Dengan progres yang positif itu, Tito Karnavian sangat optimistis upacara HUT RI 17 Agustus mendatang bisa digelar sesuai rencana dan akan dihadiri langsung oleh Presiden Joko Widodo.

Sesekali Mendagri mengajukan pertanyaan kepada petugas proyek IKN untuk memastikan semua berjalan sesuai tahapan dan rencana.

“Alhamdulillah, mudah-mudahan semua berjalan lancar dan sukses,” kata Mendagri.

Sementara itu,  Penjabat (Pj) Gubernur Akmal Malik menegaskan Kaltim akan terus memberi dukungan maksimal untuk pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN).

Hal itu disampaikan saat mendampingi Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian  melakukan kunjungan ke IKN, Kamis (22/2/2024).

Kepada Mendagri, Pj Gubernur Akmal Malik menjelaskan bahwa dukungan Pemprov Kaltim dan jajaran Forkopimda sudah dilakukan dengan maksimal.

Dua contoh yang disampaikan Akmal adalah membantu penyelesaian pembebasan lahan untuk Bandara  VVIP IKN dan jalan tol dari Km 13 Balikpapan menuju IKN.

Baca Juga:   PM Malaysia: IKN di PPU Ikut Untungkan Sabah dan Sarawak

“Tapi saya tadi juga minta arahan Pak Mendagri agar kita bisa memberi kontribusi lebih besar, sebab tantangan ke depan pasti juga semakin besar,” ucap Dirjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam.

Hadir dalam kunjungan itu,  Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Tri Budi Utomo dan Kapolda Kaltim Irjen Pol  Nanang Avianto. Tampak juga Pj Bupati PPU Makmur Marbun. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *