Di Forum FP2TPK, Walikota Andi Harun: Hilirisasi Kunci Kemajuan Sektor Kelautan

TITIKNOL.ID,SAMARINDA – Walikota Samarinda Andi Harun menjadi salah satu pembicara dalam Forum Pimpinan Perguruan Tinggi, Perikanan dan Kelautan (FP2TPK) yang digelar di Hotel Mercure Samarinda, Senin (26/2/2024).

Dalam forum tersebut, Andi Harun memaparkan pandangannya mengenai potensi negara kepulauan dan penataan ruang kelautan sebagai kunci penting bagi kemajuan Indonesia.

Andi Harun mengatakan bahwa Indonesia memiliki potensi laut yang sangat besar, baik dari segi sumber daya alam, biodiversitas, maupun jalur perdagangan. Dia mencontohkan Selat Malaka, yang merupakan salah satu jalur perdagangan utama dunia, yang dapat menciptakan potensi ekonomi hingga Rp2.500 triliun.

Untuk memaksimalkan potensi laut tersebut, Andi Harun mengajak para perguruan tinggi untuk berperan aktif dalam menggali, mengembangkan, dan memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi kelautan.

Dia juga menekankan pentingnya diplomasi dan kebijakan hukum internasional untuk melindungi kedaulatan dan kepentingan nasional Indonesia di laut.

Andi Harun juga mengusulkan konsep hilirisasi sebagai solusi untuk memajukan sektor kelautan.

“Dengan hilirisasi, Indonesia tidak hanya akan mengolah komoditas laut menjadi produk bernilai tambah, tetapi juga mendorong pertumbuhan industri kelautan yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat pesisir,” ujarnya.

Dalam forum tersebut, Andi Harun juga menyampaikan komitmennya untuk menjaga keseimbangan antara konservasi dan pembangunan ekonomi di laut.

Dia berharap, dengan adanya forum FP2TPK, dapat terjalin sinergi dan kolaborasi antara pemerintah, perguruan tinggi, dan pemangku kepentingan lainnya dalam mewujudkan visi Indonesia sebagai poros maritim dunia. (*/adv/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *