News google
TitiknolKaltim

Tingkatkan Kualitas Layanan Wisata, Komisi VI Dorong Pelatihan Pemandu Wisata dan Promosi Budaya Lokal

×

Tingkatkan Kualitas Layanan Wisata, Komisi VI Dorong Pelatihan Pemandu Wisata dan Promosi Budaya Lokal

Sebarkan artikel ini
Ketua Komisi IV DPRD Kota Samarinda, Sri Puji Astuti. IST

TITIKNOL.ID – Ketua Komisi IV DPRD Kota Samarinda, Sri Puji Astuti, menyoroti pentingnya peningkatan kualitas layanan pariwisata di Samarinda. Menurutnya, hal ini dapat dilakukan dengan berbagai upaya, seperti mempersiapkan pemandu wisata yang mumpuni dan mempromosikan budaya lokal.

“Kualitas layanan pariwisata di Samarinda harus terus ditingkatkan agar dapat memberikan pengalaman yang berkesan bagi para wisatawan,” ujar Puji.

Puji menjelaskan bahwa peningkatan kualitas layanan pariwisata tidak hanya bermanfaat bagi para wisatawan, tetapi juga dapat membuka peluang kerja baru bagi masyarakat Samarinda.

“Dengan pariwisata yang berkualitas, akan semakin banyak wisatawan yang datang ke Samarinda. Hal ini tentu akan berdampak positif bagi perekonomian lokal dan menciptakan lapangan kerja baru,” jelasnya.

Lebih lanjut, Politikus Partai Demokrat ini mengungkapkan bahwa Samarinda memiliki kekayaan budaya yang beragam, mulai dari seni tari tradisional hingga kuliner khas daerah. Kekayaan budaya ini, menurut Puji, harus diikutsertakan dalam pengembangan sektor pariwisata.

“Potensi budaya yang kita miliki harus dioptimalkan untuk menarik wisatawan. Tarian tradisional dan keunikan kuliner Samarinda dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung,” tandasnya.

Oleh karena itu, Puji berharap pemerintah daerah dapat memberikan perhatian dan dukungan yang lebih besar terhadap upaya pengembangan pelayanan wisata di Samarinda. Dukungan ini dapat berupa pelatihan dan peningkatan kualitas pemandu wisata, serta promosi budaya lokal yang gencar dan terarah.

“Pemerintah daerah harus proaktif dalam mendukung pengembangan pariwisata. Dengan kolaborasi yang baik antara pemerintah, pelaku usaha, dan masyarakat, pariwisata Samarinda dapat berkembang pesat dan menjadi salah satu sektor unggulan dalam mendorong kemajuan ekonomi daerah,” pungkas Puji. (*/wil/adv)