News google
TitiknolKaltim

Subandi Siap Sosialisasikan Raperda Jaminan Produk Halal dan Higienis di Sungai Kunjang

×

Subandi Siap Sosialisasikan Raperda Jaminan Produk Halal dan Higienis di Sungai Kunjang

Sebarkan artikel ini
Wakil Ketua III DPRD Kota Samarinda, H.Subandi (tiga kanan) bersama bersama masyarakat. IST

TITIKNOL.ID – Wakil Ketua III DPRD Kota Samarinda, H. Subandi, menekankan pentingnya sosialisasi Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Inisiatif DPRD Kota Samarinda Tahun 2024 tentang Penyelenggaraan Jaminan Produk Halal dan Higienis.

“Sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada pelaku usaha mengenai kewajiban mereka dan kepada masyarakat tentang hak mereka untuk mendapatkan produk yang terjamin kehalalan dan kebersihannya,” kata Subandi.

Menurut Subandi, Raperda ini sangat penting untuk melindungi masyarakat dari produk-produk yang tidak aman dan tidak halal, serta untuk mendorong pertumbuhan ekonomi di Kota Samarinda.

“Dengan adanya jaminan produk halal dan higienis, diharapkan masyarakat tidak resah dan lebih yakin untuk membeli produk-produk lokal,” imbuhnya.

Ia menjelaskan bahwa Raperda ini merupakan turunan dari UU Nomor 33 Tahun 2014 dan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 39 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Jaminan Produk Halal.

“Produk halal dan higienis bukan hanya penting bagi umat Islam, tetapi juga bagi semua orang,” ujar Addy.

Ia menjelaskan bahwa produk halal dan higienis dapat menjamin kesehatan dan keselamatan konsumen.

“Produk halal dan higienis diolah dengan cara yang baik dan benar, sehingga aman untuk dikonsumsi,” terangnya. (*/wil/adv)